Pengembangan media web interaktif berbasis adobe dreamweaver tentang materi kebudayaan Indis (Rijsttafel) untuk pembelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Singosari / Rizky Amelia Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media web interaktif berbasis adobe dreamweaver tentang materi kebudayaan Indis (Rijsttafel) untuk pembelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Singosari / Rizky Amelia Ratnasari

Ratnasari, Rizky Amelia (2019) Pengembangan media web interaktif berbasis adobe dreamweaver tentang materi kebudayaan Indis (Rijsttafel) untuk pembelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Singosari / Rizky Amelia Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ratnasari Risky Amelia 2019. Pengembangan Media Web Interaktif Berbasis Adobe Dreamweaver Tentang Materi Kebudayaan Indis (Rijsttafel) Untuk Pembelajaran Sejarah Kelas XI Di SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ari Sapto M.Hum Kata Kunci Kebudayaan indis rijsttafel media pembelajaran web Pembelajaran sejarah dapat digunakan sebagai cara untuk menumbuhkan rasa nasionalisme siswa. Dengan demikian pembelajaran sejarah wajib untuk di ajarkan pada siswa. Produk pengembangan media pembelajaran web interaktif dikembangkan berdasarkan permasalahan yang terdapat pada proses pembelajaran di kelas IPA D 17 di SMA Negeri 1 Singosari. Permasalahan didapati ketika KPL gelombang 1 dan observasi yang dilakukan oleh peneliti. Permasalahan tersebut seperti ketidak tahuan siswa terhadap sejarah rijsttafel di Indonesia serta tidak adanya media pembelajaran yang menarik pada matapelajaran sejarah. Oleh sebab itu peneliti mengembangkan media pembelajaran web interaktif tentang materi kebudayaan indis (rijsttafel). Media pembelajaran berisi materi gambar dan video. Media pembelajaran web memiliki kapasitas sangat kecil yaitu 19 MB sehingga tidak banyak membutuhkan kapasitas memori. Peneliti juga ingin melihat seberapa efektif media yang dikembangakan oleh peneliti. Media telah disesuikan dengan kompetensi dasar 3.3 kurikulum 2013 mengenai dampak politik budaya sosial ekonomi dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis Spanyol Belanda Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini . Pada penelitian ni peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Sugiyono (2015) yang terdiri dari 10 tahap yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain dan materi (5) revisi desain dan materi (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) produksi akhir. Namun peneliti hanya menggunakan 9 tahap dan hanya sampai pada tahap ke- 9 yaitu revisi produk. Media pembelajaran yang dikembangkan mendapat perolehan nilai oleh ahli media sebesar 93 75% dan oleh ahli materi sebesar 93%. Sedangkan perolehan nilai yang didapat pada uji coba produk sebesar 97% dan pada uji coba pemakaian sebesar 92%. Melalui perolehan nilai tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran dapat dikatangan sangat efektif dan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran sejarah. SUMMARY Ratnasari Risky Amelia 2019. Media Development of Adobe Dreamweaver Based Interactive Web about the Culture of Indis (Rijsttafel) as a History Learning Material for Eleventh Grade Students in SMA Negeri 1 Singosari. Thesis History Major Faculty of Social Science State University of Malang. Advisor (I) Dr. Ari Sapto M.Hum. Keywords Rijsttafel culture media web Historical learning can be used as a way to foster a sense of nationalism in students. Thus history learning must be taught to students. The product of interactive web learning media development was developed based on the problems found in the learning process in the D 17 science class in Singosari 1 Public High School. The problem is found when MPA wave 1 and observations made by the researcher. These problems are like students ignorance of the history of rijsttafel in Indonesia and the absence of interesting learning media in historical subjects. Therefore the researcher developed an interactive web learning media about material culture indis (rijsttafel). Learning media contains material pictures videos and quizzes. The web learning media has a very small size of 19 MB so it does not require much memory capacity. Researchers also want to see how effective the media is developed by researchers. The media has been adapted to the basic competencies of the 3.3 curriculum in 2013 on political cultural social economic and educational impacts during the European occupation (Portuguese Spanish Dutch British) in the life of today s Indonesian nation . The research used research and development methods from Sugiyono (2015) which consisted of 10 stages namely (1) potential and problems (2) data collection (3) product design (4) design validation and material (5) design and material revisions (6) product trials (7) product revisions (8) usage trials (9) product revisions (10) final production. But the researchers only used 9 stages and only reaches stage 9 which is a product revision. The learning media that were developed received a score by media experts at 93.75% and by material experts at 93%. While the acquisition of values 8203 8203 obtained in the product trial was 97% and the trial use was 92%. Through the acquisition of these values it 8203 8203 can be concluded that the learning media can be very effective and very feasible to be used in the process of learning history.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90986

Actions (login required)

View Item View Item