Penerapan model pembelajaran ular-ularan untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Probolinggo / Misda Ulum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran ular-ularan untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Probolinggo / Misda Ulum

Ulum, Misda (2019) Penerapan model pembelajaran ular-ularan untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Probolinggo / Misda Ulum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulum Misda 2019. Penerapan Model Pembelajaran Ular-ularan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Probolinggo. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ari Sapto M. Hum. Kata Kunci ular-ularan motivasi belajar sejarah Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat berperan dalam pembangunan suatu bangsa. Pendidikan formal maupun non-formal haruslah selalu menuju kepada fungsi dan tujuan pendidikan nasional. SMA Negeri 3 Probolinggo sebagai lokasi penelitian dikarenakan proses belajar mengajar sejarah di sekolah tersebut terdapat permasalahan belajar mengajar berupa rendahnya motivasi belajar peserta didik khususnya dalam matapelajaran sejarah. Hal tersebut dapat dilihat saat proses belajar mengajar siswa menunjukkan sikap malas belajar malas mengerjakan tugas tidak ada keinginan untuk mengetahui tidak peduli dengan nilainya tidak ada rasa semangat di dalam kelas mendapat nilai yang buruk dan sebagainya. Permasalah tersebut bisa diperbaiki dengan merubah model pembelajaran yang lebih inovatif. Model pembelajaran tersebut salah satunya yaitu model pembelajaran Ular-ularan dan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Probolinggo. Di dalam penelitian ini peneliti melakukan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang berakar pada latar alamiah sebagai kebutuhan mengandalkan analisis data secara induktif mengarah pada penemuan teori bersifat diskriptif lebih mementingkan proses daripada hasil membatasi studi dengan fokus memiliki seperangkat kriteria untuk memeriksa keabsahan data rancangan penelitiannya bersifat sementara dan hasil penelitiannya disepakati oleh peneliti dan subjek penelitian. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah bagaimana sekelompok guru dapat mengorganisasikan kondisi praktik pembelajaran mereka dan belajar dari pengalaman mereka sendiri mereka dapat mencobakan suatu gagasan perbaikan dalam praktik pembelajaran mereka dan melihat pengaruh nyata dari upaya itu. Peningkatan terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X IPS 1 tercatat berdasarkan hasil angket terhadap penerapan model pembelajaran Ular-ularan yang diberikan kepada peserta didik setelah dilakukan tindakan siklus I dan siklus II. Hasil dari angket selanjutnya dianalisis agar dapat diketahui tercatat sebagian peserta didik mengalami peningkatan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah. Skor keseluruhan deskriptor angket motivasi belajar berjumlah 1840 dengan peningkatan skor perolehan total peserta didik yang diamati dari pra-siklus ke siklus I meningkat dari 1182 menjadi 1299 sehingga tercatat persentase perolehannya meningkat sebesar 7% dari 64% (rendah) menjadi 71% (sedang). Sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan 11% dari 71% (sedang) ke 82% (tinggi). Peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas X IPS 1 terlihat dari keempat indikator pengukuran motivasi. Attention pada pra-siklus 62% siklus I meningkat menjadi 73% dan siklus II menjadi 83%. Relevance pada pra-siklus 69% siklus I meningkat menjadi 72% dan siklus II menjadi 82%. Confidence pada pra-siklus 64% siklus I meningkat menjadi 69% dan siklus II menjadi 85%. Satisfication pada pra-siklus 66% siklus I meningkat menjadi 76% dan siklus II menjadi 83%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90985

Actions (login required)

View Item View Item