Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X di SMKN 2 Singosari semester genap tahun ajaran 2018-2019 / Mohammad Sirojus Silmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X di SMKN 2 Singosari semester genap tahun ajaran 2018-2019 / Mohammad Sirojus Silmi

Silmi, Mohammad Sirojus (2019) Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X di SMKN 2 Singosari semester genap tahun ajaran 2018-2019 / Mohammad Sirojus Silmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Silmi Mohammad Sirojus. 2019. Implementasi Pendekatan Saintifik pada Matapelajaran Sejarah Indonesia Kelas X di SMKN 2 Singosari Semester Grnap 2018-2019. Skripsi. Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Joko Sayono M. Pd. M.Hum. Kata Kunci Implementasi Pendekatan Saintifik Pelajaran Sejarah Indonesia Penelitian tentang implementasi pendekatan saintifik di SMK perlu dilakukan karena belum banyak penelitian tentang implementasi pendekatan saintifik yang dilakukan di SMK. Hal ini disebabkan kurikulum 2013 juga diterapkan di SMK tidak hanya di SMA. Pelaksanaan proses kegiatan pembelajaran kurikulum 2013 menekankan pada pendekatan saintifik yang mendorong siswa untuk melakukan keterampilan-keterampilan meliputi mengamati menanya mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan. Oleh karena itu di dalam pembelajaran guru diharapkan dapat merancang kegiatan belajar yang mengarahkan siswa pada pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan terkait dengan perencanaan pelaksanaan penilaian dan permasalahan dalam pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini menggali data secara mendalam kepada dua guru sejarah di SMKN 2 Singosari. Metode yang digunakan anatara lain wawancara observasi kelas dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap-tahapan penelitian yang dilakukan yaitu pra-lapangan pelaksanaan lapangan dan penyusunan laporan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan didapat hasil (1) komponenen-komponen pendekatan saintifik sudah direncanakan dalam RPP akan tetapi belum dikembangkan secara optimal (2) pendekatan saintifik yang direncanakan dalam RPP belum semua dilaksanakan secara optimal pada saat pembelajaran. (3) Penilaian yang sudah dilaksanakan sesuai dengan pendekatan saintifik yaitu penilaian sikap pengetahuan dan keterampilan. (4) Permasalahan yang muncul yaitu bahwa guru yang mengajar Sejarah aslinya adalah guru Fisika. Kesimpulan penilitian yakni komponen-komponen RPP yang dicantumkan dan pengembangan penilaian pembelajaran sudah cukup sesuai dengan arahan kurikulum saran yang harus dilakukan sekolah yaitu mengadakan pelatihan tentang pembelajaran yang menekankan pada pendekatan saintifik dan berpedoman pada panduan teknik implementasi Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90982

Actions (login required)

View Item View Item