Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui media komik bergambar bagi anak tunagrahita di SLB Panca Bhakti Magetan / Siti Rochmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui media komik bergambar bagi anak tunagrahita di SLB Panca Bhakti Magetan / Siti Rochmah

Rochmah, Siti (2019) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui media komik bergambar bagi anak tunagrahita di SLB Panca Bhakti Magetan / Siti Rochmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rochmah Siti.2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Media Komik Bergambar Bagi Anak Tunagrahita di SLB Panca Bhakti Magetan . Skripsi Pendidikan Luar Biasa Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sudarsini M.Pd (II) Drs. H. Ahmad Samawi M.Hum Kata Kunci membaca pemahaman komik bergambar siswa tunagrahita Membaca merupakan aktivitas pencairan informasi melalui lambang lambang tertulis dan memproses informasi tersebut menjadi pengetahuan yang berguna bagi kehidupan manusia. Kemampuan membaca mempengaruhi perkembangan kepribadian kepercayaan diri dan intelektual sebab semakin banyak membaca semakin banyak pula pengetahuan yang diperoleh. Masih banyak anak yang kurang berhasil dalam membaca salah satuanya siswa tuunagrahita. Untuk itu pelajaran membaca perlu ditingkatkan antara lain dengan cara menyediakan bahan bacaan yang memadai dan menarik pemilihan bahan bacaan yang baik slah satunya adalah komik bergambar. Dengan media komik bergambar diharapkan bahan lebih menarik dan bervariasi bagi anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman menggunakan media komik bergambar pada siswa tunagrahita di SLB Panca Bhakti Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan tes praktek untuk mengetahui hasil kemampuan membaca pemahaman sebelum dan sesudah diberikan treatment. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui media komik bergambar dengan hasil test pada siklus I diketahui rerata nilai membaca sebesar yaitu 40%. Pada sklus II rerata nilai membaca pemahaman sebesar 72 2%. Ketuntasan secara klasikal telah mencapai 70%. Berdasarkan data tersebut secara klasikal telah mencapai ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9098

Actions (login required)

View Item View Item