Pengembangan media video berbasis sparkol videoscribe sebagai media pembelajaran sejarah tentang perumusan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun 1945 pada mata pelajaran sejarah kelas X MM A SMKN 4 Malang / Faiq Hananthomi Azhar

Azhar, Faiq Hananthomi (2019) Pengembangan media video berbasis sparkol videoscribe sebagai media pembelajaran sejarah tentang perumusan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun 1945 pada mata pelajaran sejarah kelas X MM A SMKN 4 Malang / Faiq Hananthomi Azhar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Azhar, Faiq Hananthomi. 2019. Pengembangan Media Video Berbasis Sparkol VideoScribe Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Tentang Perumusan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Tahun 1945 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X MM A SMKN 4 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Joko Sayono, M.Pd., M.Hum. Kata kunci: Pengembangan, Media, Sparkol VideoScribe, Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Materi tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dalam buku siswa tidak tertulis secara lengkap dan rinci, serta penggunaan media yang masih jarang, karena guru lebih banyak mengajarkan materi melalui ceramah dari buku. Oleh karena itu diperlukan adanya inovasi pembelajaran guna menarik perhatian siswa sehingga dalam proses belajar mengajar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Salah satu media yang inovatif dan dapat digunakan guru pada proses pembelajaran sejarah ialah media video berbasis Sparkol VideoScribe. Media ini memiliki karakter yang bagus dan menarik. Sparkol VideoScribe mengharuskan siswa untuk fokus pada saat pemutaran video pembelajaran. media pembelajaran sejarah dalam bentuk video masih sangat jarang diaplikasikan, dengan adanya media video maka dapat mengurangi dominasi buku dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media video berbasis Sparkol VideoScribe. Kemudian untuk menambah bentuk media pembelajaran sejarah yang menarik dan variatif. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang mempunyai 5 tahap, yakni tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli media, ahli materi, praktisi guru sejarah SMKN 4 Malang, dan lembar angket kelayakan siswa. Produk yang dihasilkan adalah video animasi gambar berjalan. Video ini memiliki isi materi yang disesuaikan dengan Kompetensi Inti (KI) 3 dan Kompetensi Dasar (KD) 3.7 yakni menganalisis peristiwa proklamasi kemerdekaan dan pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia. Produk ini berdurasi 14 menit 49 detik. Produk yang ditampilkan memiliki unsur Audio Visual berupa kombinasi antara gambar dengan tulisan yang dipadukan dengan iringan musik dan dubbing. Hasil uji validasi ahli media menunjukkan rata-rata persentase sebesar 97%, hasil uji validasi ahli materi menunjukkan rata-rata persentase sebesar 91%, hasil uji validasi dari praktisi guru sejarah sebesar 93%, dan uji angket kelayakan produk siswa kelas X MM A menunjukkan rata-rata persentase sebesar 85%. Dapat disimpulkan bahwa dengan hasil uji validasi oleh ahli media, ahli materi, praktisi guru sejarah, dan angket kelayakan siswa kelas X MM A menunjukkan produk yang dikembangkan berada dalam kategori sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran sejarah tingkat SMK/SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90979

Actions (login required)

View Item View Item