Pengembangan buku suplemen sejarah lokal tentang tanah perdikan Sunan Drajat untuk pembelajaran sejarah siswa kelas X IIS di MA Ma'arif 17 Tarbiyatus Shibyan Lamongan / Ana Lailatul Hidayah

Hidayah, Ana Lailatul (2019) Pengembangan buku suplemen sejarah lokal tentang tanah perdikan Sunan Drajat untuk pembelajaran sejarah siswa kelas X IIS di MA Ma'arif 17 Tarbiyatus Shibyan Lamongan / Ana Lailatul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Hidayah, Ana Lailatul. 2019. Pengembangan Buku Suplemen Sejarah Lokal Tentang Tanah Perdikan Sunan Drajat Untuk Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X IIS di MA Ma’arif 17 Tarbiyatus Shibyan Lamongan. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Unversitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ari Sapto, M, Hum. Kata Kunci: bahan ajar, buku suplemen, tanah perdikan Sunan Drajat. Pengembangan bahan ajar buku suplemen ini dilatarbelakangi oleh kurangnya buku sumber sejarah dan bahan ajar sejarah didalam perpustakaan Madrasah Aliyah (MA) Ma’arif 17 Tarbiyatus Shibyan. Sumber belajar di perpustakaan ini masih didominasi oleh buku-buku paket lain. Sedikitnya jumlah buku pegangan materi sejarah di perpustakaan diperburuk dengan tidak ditemukan adanya buku khusus yang membahas sejarah lokal. Hal inilah yang menjadi indikator kurang menariknya pembelajaran sejarah di MA Ma’arif 17 Tarbiyatus Shibyan Lamongan. Kurangnya sumber belajar memicu minimnya pemahaman siswa terhadap potensi sejarah lokal. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya sebuah kreativitas dan inovasi yang dapat dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran sejarah adalah dengan mengaitkan materi dan bahan pelajaran sejarah dengan peristiwa yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal siswa. Bahan ajar yang sangat mudah dipergunakan dalam proses pembelajaran khususnya sejarah adalah buku suplemen. Pengembangan bahan ajar buku suplemen dengan mengangkat materi sejarah tanah perdikan Sunan Drajat abad ke-15 ini juga dilatarbelakangi oleh ketidaktahuan siswa pada sejarah lokal yang ada didaerahnya sendiri, khususnya pada sejarah tanah perdikan Sunan Drajat. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan bahan ajar buku suplemen. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan berupa bahan ajar berbasis cetak yakni buku suplemen tentang Sejarah Tanah Perdikan Sunan Drajat abad ke-15 untuk pembelajaran sejarah siswa kelas X IIS MA Ma’arif 17 Tarbiyatus Shibyan Lamongan. Pengembangan bahan ajar buku suplemen Sejarah Tanah Perdikan Sunan Drajat abad ke-15 ini disesuaikan dengan KD 3.8 menganalisis karakterstik kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dan menunjukkan contoh bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini. Metode yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar buku suplemen ini menggunakan model penelitian dan pengembangan milik Sugiyono (2009) yaitu meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi akhir. Dalam penelitian dan pengembangan bahan ajar instrumen yang digunakan oleh peneliti ini sebagai berikut (1) angket, (2) observasi, (3) wawancara, (4) dokumentasi, (5) lembar pre test dan post test. ii Sebelum tahap uji coba ke lapangan, produk yang telah dikembangkan terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dan ahli bahan ajar. Pada tahap validasi materi mendapatkan hasil sebesar 88% dengan kategori layak digunakan dilapangan tanpa ada revisi. Meski demikian, ada beberapa masukan untuk memperhatikan kebutuhan informasi siswa. Hal tersebut menjadi perhatian utama karena siswa membutuhkan informasi dari materi secara spesifik. Validasi ahli bahan ajar memperoleh hasil 87,5% dengan kategori layak digunakan dilapangan dengan revisi. Namun terdapat beberapa kritik dan saran dari validator untuk menyempurnakan produk. Tahap berikutnya adalah pemberian pre test dan post test kepada siswa. Untuk pemberian pre test dan post test dikelas X IIS 1 MA Ma’arif 17 Tarbiyatus Shibyan sebelum melakukan uji coba produk. Untuk hasil pre test didapatkan nilai sebesar 47% serta terjadi peningkatan hasil pada nilai post test sebesar 87% dengan selisih hasil sebesar 40%. Sedangkan untuk pemberian pre test dan post test kepada siswa kelas X IIS 2 MA Ma’arif 17 Tarbiyatus Shibyan sebelum uji coba pemakaian produk, didapatkan nilai hasil pre test sebesar 67% serta nilai post test meningkat sebesar 96% dengan selisih hasil sebesar 29%. Tahap selanjutnya yakni uji coba produk yang diberi angket kelayakan. Pada uji kelayakan produk didapatkan hasil 86,6% pada kelas X IIS 1 MA Ma’arif 17 Tarbiyatus Shibyan Lamongan dan menunjukkan bahwa bahan ajar ini layak untuk pembelajaran sejarah. Sedangkan untuk tahap uji coba pemakaian dilakukan di kelas X IIS 2 MA Ma’arif 17 Tarbiyatus Shibyan Lamongan, didapatkan hasil 91,1%. Berdasarkan kedua hasil tersebut, telah diketahui bahwa bahan ajar ini sangat layak untuk dijadikan bahan ajar sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90978

Actions (login required)

View Item View Item