Wacana nasionalisme dalam buku teks Sejarah Indonesia kelas XI Sekolah Menengah Atas kurikulum 2013 / Sintiya Wahyu Handayani

Handayani, Sintiya Wahyu (2019) Wacana nasionalisme dalam buku teks Sejarah Indonesia kelas XI Sekolah Menengah Atas kurikulum 2013 / Sintiya Wahyu Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Handayani, Sintiya Wahyu. 2019. Wacana Nasionalisme dalam Buku Teks Sejarah Indonesia Kelas XI Sekolah Menengah Atas Kurikulum 2013, Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ari Sapto, M. Hum. Kata Kunci: Buku Teks Sejarah Indonesia, Nasionalisme, Framing Pendidikan sejarah memiliki tujuan sebagai wadah untuk mengembangkan pemahaman mengenai jati diri dan karakter bangsa,wadah untuk mengembangkan perilaku yang tercermin dari nilai-nilai dan ideologi luhur dari berbagai jejak peristiwa sejarah, serta sebagai wadah untuk berpikir berorientasi pada masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah menerbitkan buku teks pelajaran untuk mewariskan nilai ataupun ideologi yang dipertahankan oleh negara. Dalam buku teks tidak merepresentasikan kebenaran universal mengenai peristiwa perang, tetapi kebenaran yang dipilih atau diseleksi untuk menumbuhkan rasa kebanggaan atas bangsa, identitas nasional, serta memori kolektif yang sama. Berkaitan dengan upaya pewarisan nilai dan ideologi oleh negara, serta upaya menumbuhkan rasa kebanggaan atas bangsa dan merasa memiliki identitas dan memori kolektif yang sama perlu dilakukan penelitian bagaimana wacana nasionalisme dalam buku teks Sejarah Indonesia untuk kelas XI kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah, penelitian kualitatif dengan mengunakan metode analisa teks media. Analisa teks media yang digunakan adalah pendekatan yang dikembangkan oleh Robert Entman, yakni analisis framing. Objek kajian dalam penelitian yakni buku teks Sejarah Indonesia kelas XI yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan mengacu pada kurikulum 2013. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Peer debriefing digunakan peneliti untuk menjaga keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam penulisan buku teks Sejarah Indonesia kelas XI yang mengacu pada kurikulum 2013 ditulis dengan mempergunakan pendekatan indonesiasentris, sehingga wacana nasionalisme yang terdapat pada buku teks Sejarah Indonesia kelas XI banyak dimunculkan dengan perbandingan wacana negatif, serta mengecilkan kontribusi dari negara lain serta memberikan identifikasi pihak-pihak tertentu dengan label “kita” atau “mereka”. Pemberian label tersebut dapat memunculkan sikap anti asing pada diri peserta didik. Dengan sikap anti asing yang tercipta peserta didik dikhawatirkan tidak mampu untuk menjawab tantangan dunia pada saat ini. Narasi pada buku teks Sejarah Indonesia tersebut, tidak sesuai dengan upaya pewarisan nasionalisme yang dewasa. Nasionalisme yang tidak hanya mengakui perbedaan diantara warga Indonesia melainkan juga menerima kesederajatan dan keadilan dari bangsa asing, nasionalisme yang tidak eskslusif ataupun tertutup serta menolak adanya pembaharuan dalam diri, melainkan nasionalisme yang terbuka terhadap hal-hal baru dari luar. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan-perubahan dalam penulisan buku teks Sejarah Indonesia ii untuk kelas XI yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Republik Indonesia dengan memperhatikan tantangan dunia yang ada pada saat ini, agar peserta didik mampu menjawab tantangan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90976

Actions (login required)

View Item View Item