Pengembangan modul tentang kontribusi perempuan PMI dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan untuk pembelajaran sejarah kelas X APH 3 di SMKN 3 Malang / Frisca Anggraini

Anggraini, Frisca (2019) Pengembangan modul tentang kontribusi perempuan PMI dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan untuk pembelajaran sejarah kelas X APH 3 di SMKN 3 Malang / Frisca Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Anggraini, Frisca. 2019. Pengembangan Modul Tentang Kontribusi Perempuan PMI dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Untuk Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMKN 3 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ari Sapto, M.Hum. Kata Kunci : Penelitian dan Pengembangan, Modul Sejarah, Kontribusi Perempuan PMI. Permasalahan dalam proses pembelajaran sejarah di kelas masih sering terjadi, salah satunya permasalahan yang terdapat di kelas X APH 3 SMKN 3 Malang. Penyebab siswa kelas X APH 3 kurang antusias dalam pembelajaran sejarah dikarenakan kurang adanya partisipasi aktif dari siswa, pembelajaran masih didominasi oleh guru yang selalu menggunakan metode ceramah dari dimulainya pembelajaran dikelas hingga berakhirnya jam pelajaran sejarah dikelas. Selain itu guru hanya terpaku pada satu sumber bahan ajar saja yaitu buku paket yang disediakan oleh pihak perpustakaan, sehingga hal ini menyebabkan siswa merasa pembelajaran sejarah monoton dan membosankan. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan adanya bahan ajar lainnya yang bersifat mandiri. Bahan ajar yang bersifat mandiri membuat siswa bebas mengetahui tingkat kemampuan dan pemahaman siswa secara mandiri, sehingga siswa turut aktif dalam proses pembelajaran sejarah dikelas. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti akhirnya mengembangkan produk bahan ajar yang sifatnya mandiri yaitu bahan ajar modul. Modul yang peneliti kembangkan membahas tentang Kontribusi Perempuan PMI dalam Mempertahankan Kemerdekaan pada Tahun 1945-1949. Materi tersebut disesuaikan dengan Kompetensi Dasar 3.8 yang tertera dalam Kurikulum 2013 yaitu strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda. Jenis penelitian yang digunakan untuk mengembangkan bahan ajar modul ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Proses penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Sugiyono. Modul sebelum diujicobakan melalui beberapa tahapan yaitu (1) mencari potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian vii (9) revisi produk. Uji coba validasi melibatkan satu ahli materi dan satu ahli media yang merupakan dosen dari jurusan sejarah Universitas Negeri Malang. Sedangkan untuk uji coba produk dan uji coba pemakaian dilakukan oleh siswa kelas X APH 3 SMKN 3 Malang. Uji coba ini dilakukan dengan kelompok kecil sebanyak delapan siswa dan kelompok besar sebanyak 23 siswa. Berdasarkan hasil data penelitian dari validasi, uji coba produk dan uji coba pemakaian diperoleh hasil persentase uji validasi ahli materi sebanyak 97,9% termasuk dalam kategori valid dan uji validasi ahli media memperoleh persentase 92,5% termasuk dalam kategori valid pula. Sedangkan data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil dan uji coba besar juga mencapai tingkat validitas modul yaitu 89,8% untuk ujicoba kelompok kecil, 90,1% untuk ujicoba kelompok besar. Hasil perolehan tersebut berarti modul layak digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90975

Actions (login required)

View Item View Item