Pengembangan bahan ajar modul elektronik berbasis 3D pageflip tentang peranan Mr. Assaat Datuk Mundo dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia (1946-1950) untuk pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Situbondo / Ilham Yudha Pradana

Pradana, Ilham Yudha (2019) Pengembangan bahan ajar modul elektronik berbasis 3D pageflip tentang peranan Mr. Assaat Datuk Mundo dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia (1946-1950) untuk pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Situbondo / Ilham Yudha Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Pradana, Ilham Yudha. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Modul Elektronik Berbasis 3D Pageflip Tentang Peran Mr. Assaat Datuk Mundo Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia (1946-1950) Untuk Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Situbondo. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto, M.Hum. Kata Kunci: Pengembangan, Modul Elektronik, Pembelajaran Sejarah, Mr. Assaat Tingginya ketergantungan siswa terhadap gadget menjadi masalah yang serius serta kurangnya bahan ajar yang dimiliki guru maupun sekolah. Di SMA Negeri 1 Situbondo, siswa rata-rata sudah memiliki pc, laptop, smartphone namun penggunaan alat-alat tersebut hanya sebatas fasilitas pribadi siswa yang berfungsi sebagai alat bersosialisasi dengan teman di dunia maya, browsing apabila mendapat instruksi dari guru, sedangkan penggunan teknologi tersebut sebagai bahan ajar masih sangat minim di kelas. Hal ini mengindikasikan bahwa pemanfaatan teknologi sebagai bahan ajar untuk siswa masih sangat minim. Untuk itu, dikembangkan bahan ajar berupa e-modul tentang peran Mr. Assaat dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia (1946-1950). Pemilihan materi ini dikarenakan kurangnya pengetahuan siswa terhadap Mr. Assaat. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-modul berbasis 3D Pageflip sebagai bahan ajar untuk siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Situbondo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiyono yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) uji coba produk; (5) revisi desain; (6) validasi desain; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk. Hasil peneltian menunjukkan bahwa produk e-modul valid dan layak digunakan. Produk e-modul berbasis 3D Pageflip ini telah melalui tiga tahapan. Tahapan pertama yaitu validasi materi dengan hasil validasi yang menunjukkan sebesar 91,66% dan masuk kategori valid. Tahapan kedua yaitu validasi media dengan persentase sebesar 89,58% dan masuk kategori valid. Tahapan ketiga yaitu uji coba kelompok kecil dengan persentase 82% dan meningkat pada uji coba lapangan (kelompok besar) dengan persentase sebesar 86% serta masuk kategori valid. Melihat hasil yang telah diperoleh, dapat dikatakan bahwa pengembangan bahan ajar berupa e-modul tentang peran Mr. Assaat dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia (1946-1950) telah valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran sejarah. Saran untuk penelitian selanjutnya yakni perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut dari e-modul ini. Salah satu pengembangan yang bisa dilakukan ialah dengan membuat e-modul yang lebih inovatif dengan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90968

Actions (login required)

View Item View Item