Pengaruh penggunaan media buku flanel (busy book) terhadap kemampuan membaca permulaan kata siswa Kelas III Tunagrahita ringan SLB-ACD Pertiwi Kota Mojokerto / Era Dwi Indahwaty

Indahwaty, Era Dwi (2019) Pengaruh penggunaan media buku flanel (busy book) terhadap kemampuan membaca permulaan kata siswa Kelas III Tunagrahita ringan SLB-ACD Pertiwi Kota Mojokerto / Era Dwi Indahwaty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indahwaty, Era Dwi. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Buku Flanel (bussy book) terhadap kemampuan membaca permulaan kata siswa Kelas III Tunagrahita Ringan SLB- ACD Pertiwi Kota Mojokerto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. M. Shodiq AM, Mpd, (II) Drs. Ahmad Samawi, M. Hum Kata Kunci: Tunagrahita, membaca permulaan, media buku flanel. Tunagrahita ringan dalam pembelajaran membaca khususnya membaca permulaan yang diterapkan pada anak tunagrahita ringan akan lebih efektif jika disertai dengan adanya media. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan suatu media yang dapat menunjang siswa dalam belajar membaca permulaan. media tersebut adalah permainan media buku flanel (bussy book) yang didalamnya terdapat gambar dan tulisan huruf yang dapat membantu siswa dalam membaca permulaan. Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan sebelum dan, (2) sesudah diberikan media buku flanel, serta (3) pengaruh penggunaan media buku flanel terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain one group pre-test and post-test. Subjek penelitian menggunakan 5 siswa tunagrahita yang berada dikelas 3 SLB ACD Pertiwi Kota Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (tes lisan dan tes kinerja). Analisis data menggunakan perhitungan skor rata-rata dan presentase, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan () kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita sebelum diberikan pembelajaran menggunakan media buku flanel kategori kurang, (2) kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita sesudah diberikan pembelajaran menggunakan media buku flanel kategori baik, (3) terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan media buku flanel terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita. Saran untuk guru, diharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki siswa tunagrahita dengan cara mengoptimalkan indra yang lain yang masih berfungsi. Pengoptimalan bisa dilakukan pada saat pembelajaran agar peserta didik lebih memahami materi dalam pembelajaran. Cara pengoptimalan dapat dilakukan dengan memfasilitasi pembelajaran dengan media ataupun metode yang menarik. Saran untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan pembelajaran menggunakan media buku flanel pada subjek dengan karakteristik yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9094

Actions (login required)

View Item View Item