Pengembangan media papan putar untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat sederhana pada siswa tuna rungu kelas III SDLB Eka Mandiri Kota Batu / Muliah

Muliah (2019) Pengembangan media papan putar untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat sederhana pada siswa tuna rungu kelas III SDLB Eka Mandiri Kota Batu / Muliah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Muliah.2018. Pengembangan Media Papan Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Pada Siswa Tuna Rungu Kelas III SDLB Eka Mandiri Kota Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Abdul Huda, M.Pd, (II) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn. Kata Kunci : Papan Putar, Menyusun Kalimat Sederhana, Tunarungu Saat studi pendahuluan ditemukan siswa tunarungu mengalami kesulitan, dan belum tersedia media pembelajaran dalam pembelajaran menyusun kalimat sederhana. Melihat karakteristik anak tunarungu, pemilihan media yang sesuai dengan kemampuan dan karakteristik mereka yaitu menggunakan media visual. Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan Papan Putar. Tujuan penelitian pengembangan secara umum yaitu menghasilkan media pembelajaran Papan Putar yang valid dimanfaatkan bagi siswa tunarungu kelas III dalam pembelajaran menyusun kalimat sederhana di SDLB Eka Mandiri Kota Batu. Penelitian ini, menggunakan model pengembangan Research and Development (R & D) Borg dan Gall yaitu : (1) Penelitian dan Pengumpilan data; (2) Perencanaan; (3) Pengembangan draf produk; (4) Uji coba lapangan awal; (5) Merevisi hasil uji coba; (6) Uji coba lapangan; (7) Penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Papan Putar sangat valid untuk digunakan. Hasil dari ahli materi diperoleh skor 91,25 %, ahli media 97,5 %. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah sangat valid digunakan berdasarkan validasi dari ahli materi, dan ahli media. Berdasarkan uji coba penggunaan Papan Putar pada siswa tunarungu kelas III secara kuantitatif dapat meningkatkan hasil belajar. Saran dari penelitian adalah : (1) Papan Putar diharapkan lebih variatif sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan; (2) Untuk subjek penelitian diharapkan lebih luas lagi, tidak hanya di SDLB Eka Mandiri Kota Batu, tapi juga untuk ABK dan sekolah lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9093

Actions (login required)

View Item View Item