Pengaruh permainan balok gambar terhadap kemampuan menyusun kalimat siswa kelas III tunagrahita ringan di SLB Idayu 1 Malang / Atika Nursafitri

Nursafitri, Atika (2018) Pengaruh permainan balok gambar terhadap kemampuan menyusun kalimat siswa kelas III tunagrahita ringan di SLB Idayu 1 Malang / Atika Nursafitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nursafitri, Atika. 2017. Pengaruh Permainan Balok Gambar Terhadap Siswa Kelas III Tunagrahita di SLB Idayu 1 Malang, Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dra. Sudarsini, M.Pd (II) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn Kata Kunci : permainan balok gambar warna-warni , menyusun kalimat, tunagrahita Anak tunagrahita memiliki keterbatasan dalam penguasaan bahasa terutama pada pengolahan kata yang kurang berfungsi, karena itu mereka kesulitan dalam menyusun kalimat. Maka dari itu dibutuhkannya suatu metode atau media yang sekiranya dapat mempermudah anak tunagrahita untuk meningkatkan penguasaan bahasanya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh permainan balok gambar terhadap kemampuan menyusun kalimat siswa tunagrahita kelas III SLB Idayu 1 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre experimental design dengan rancangan penelitian one group pre-test-post test design. Subyek penelitian yang dilakukan terhadap 5 orang siswa tunagrahita. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana permainan balok gambar tehadap kemampuan menyusun kalimat siswa tunagrahita kelas III SLB Idayu 1 Malang. Berdasarkan hasil analisis dan data yang telah di uraikan penulis menyimpulkan bahwa pengunaan metode bermain balok gambar mempunyai pengaruh yang signifikan untuk menyusun kalimat anak tunagrahita ringan di SLB Idayu 1 Malang, dikarenakan guru merencanakan kegiatan bermain balok gambar, guru menyediakan balok-balok gambar dan bahan, guru menjelaskan dan mengenalkan berbagai macam balok gambar yang digunakan untuk mengembangkan kreatifitas anak melalui bermain balok dan bagaimana cara pengunaannya, guru membimbing anak terlebih dahulu sebelum kegiatan dilakukan guru hendaknya melakukan kegiatan secara berulang-ulang agar dapat merangsang perkembangan kreatifitas anak secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9092

Actions (login required)

View Item View Item