Pengembangan media pembelajaran audio untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa tunanetra dalam pelajaran bahasa Indonesia di SMALB YP2 Malang / I Gusti Ngurah Putu Harisandy

Harisandy, I Gusti Ngurah Putu (2018) Pengembangan media pembelajaran audio untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa tunanetra dalam pelajaran bahasa Indonesia di SMALB YP2 Malang / I Gusti Ngurah Putu Harisandy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Harisandi, I Gusti Ngurah Putu. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Tunanetra Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII Di SMALB YP2 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Muhammad Efendi, M.Pd, M.Kes, (2) Drs. Abdul Huda, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Tunanetra, Bahasa Indonesia, Cerita Rakyat, Media Pembelajaran Audio Keterampilan menyimak adalah kemampuan yang sangat diperlukan para siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran terlebih Pada materi yang bersifat imajinatif seperti cerita rakyat, sehingga guru membutuhkan media pembelajaran yang tepat guna melatih keterampilan menyimak khususnya pada siswatunanetra. Salah satu kendala yang dialami oleh guru saat melakukan proses pembelajaran ialah masih sulitnya guru untuk menyampaikan materi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan pokok bahasan tentang cerita rakyat. Sedangkan kendala yang juga dialami siswa tunanetra ialah sulitnya memahami text bacaan yang terlalu panjang jika pembelajaran hanya dilakukan dengan menggunakan buku teks Braille ataupun mendengar guru secara lisan. Tujuan penelitian ini peneliti lakukan untuk membuat media yang mampu memudahkan Tunanetra untuk belajar secara mandiri, media yang akan dikembangkan berupa media pembelajaran audio yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa tunanetra. Keterampilan dalam berbahasa melalui aspek menyimak pada siswa tunanetra kelas XII di SMALB YP2 Malang mengadaptasi metode pengembangan Borg and Gall yang meliputi 10 langkah dan disederhanakan menjadi 7 langkah, meliputi: perencanaan, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, refisi produk awal, uji coba lapangan dan refisi produk akhir. Subjek validasi produk terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran. Sedangkan subjek uji coba produk ialah siswa tunanetra yang berjumlah 2 orang siswa kelas XII SMALB YP2 Malang. Hasil pengembangan produk ini diperoleh data sebagai berikut: (1) Validasi ahli media 94% (sangat layak), (2) Validasi ahli materi 91,6% (sangat layak), (3) Validasi ahli pembelajaran 93% (sangat layak), (4) Hasil rata-rata pre test 64,5 dan post test meningkat menjadi 93,7. Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk audio pembelajaran Bahasa Indonesia telah layak menjadi media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa tunanetra. Kelebihan dari media ini ialah mudah dioperasikan, bisa diputar pada pemutar audio jenis apa saja, dan mudah dipahami siswa. Kekurangannya adalah terbatasnya materi yang disampaikan hanya tentang cerita rakyat ÔÇ£Mundinglaya DikusumahÔÇØ.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9090

Actions (login required)

View Item View Item