Pengaruh penggunaan media pop up book ÔÇ£Membaca PermulaanÔÇØ terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita di SD Inklusi Muhammadiyah 1 Malang / Rizka Fajrianingrum

Fajrianingrum, Rizka (2018) Pengaruh penggunaan media pop up book ÔÇ£Membaca PermulaanÔÇØ terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita di SD Inklusi Muhammadiyah 1 Malang / Rizka Fajrianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fajrianingrum, Rizka. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book ÔÇ£Membaca PermulaananÔÇØ Terhadap Kemampuan Membaca Permulaanan Anak Tunagrahita Di SD Inklusi Muhammadiyah 1 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, M.Pd, (2) dr. Agung Kurniawan, M. Kes. Kata Kunci: pop up book, kemampuan membaca Permulaanan, tunagrahita. Membaca Permulaanan sangat penting dikuasai oleh anak sejak dini karena membaca Permulaanan adalah dasar bagi anak untuk menguasai berbagai mata pelajaran, sehingga anak harus belajar membaca dengan baik dan benar. Salah satu yang diajarkan dalam membaca Permulaanan adalah diftong, digraf, dan kluster. Materi tersebut merupakan salah satu problematika pada keterampilan membaca Permulaanan pada subjek penelitian ini sehingga perlu adanya bantuan salah satunya dari media pembelajaran yang menarik yaitu pop up book ÔÇ£Membaca PermulaananÔÇØ agar anak tidak tertinggal jauh kemampuannya dari teman sekelasnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca Permulaanan anak tunagrahita kelas III SD di SD Inklusi Muhammadiyah 1 Malang saat kondisi baseline, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca Permulaanan anak tunagrahita kelas III di SD Inklusi Muhammadiyah 1 Malang setelah diberikan intervensi, dan (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media Pop Up Book ÔÇ£Membaca PermulaananÔÇØ terhadap kemampuan membaca Permulaanan anak tunagrahita kelas III di SD Inklusi Muhammadiyah 1 Malang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah seorang anak tunagrahita ringan, berjenis kelamin laki-laki, kelas III di SD Inklusi Muhammadiyah 1 Malang. Jenis pengukuran yang digunakan adalah presentase. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan mean level yang meningkat dari 16,7% pada kondisi baseline-1 (A1), ke 86,7% pada kondisi intervensi (B), dan 93,3% pada kondisi baseline-2 (A2). Perhitungan presentase overlap antara kondisi baseline-1 (A1) ke intervensi (B) adalah 0%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media pop up book ÔÇ£Membaca PermulaananÔÇØ untuk meningkatkan kemampuan membaca Permulaanan anak tunagrahita kelas III di SD Inklusi Muhammadiyah 1 Malang. Saran dari penelitian ini antara lain: (1) kembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca Permulaanan anak khususnya yang terkait tentang diftong, digraf, kluster, (2) penggunaan media pop up book ÔÇ£Membaca PermulaananÔÇØ dapat dijadikan alternatif bagi orang tua anak tunagrahita untuk memberikan pengajaran dalam hal membaca Permulaanan saat di rumah, dan (3) Perlu diadakan penelitian lebih lanjut dalam mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca Permulaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9089

Actions (login required)

View Item View Item