Pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa tunarungu kelas VII SMPLB Negeri Kota Malang / Yoda Rahmad Mahendra

Mahendra, Yoda Rahmad (2018) Pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa tunarungu kelas VII SMPLB Negeri Kota Malang / Yoda Rahmad Mahendra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mahendra, Yoda Rahmad. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Tunarungu Kelas VII SMPLB Negeri Kota Malang. Skripsi. Jurusan Penidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si (2) Drs. Ahmad Samawi, M.Hum. Kata Kunci : Tunarungu, Model Picture and Picture, Hasil Belajar Tunarungu dapat diartikan sebagai salah satu keadaan kehilangan pendengaran yang mengakibatkan seseorang tidak dapat menangkap berbagai rangsangan, terutama melalui indera pendengarannya. Diperlukan modifikasi pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam mengikuti aktivitas belajar agar siswa dapat berkomunikasi dengan baik dengan guru dan temannya. Model picture and picture berguna untuk membantu siswa dalam mengikuti pelajaran, terutama dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini adalah : Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa tunarungu kelas VII SMPLB Negeri Kota Malang ?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan populasi dan sampel, variabel bebas dan terikat, instrumen penelitian, validasi, pengumpulan data, analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dengan data hasil pre-test dan post-test, uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh model picture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa tunarungu kelas VII di SMPLB Negeri Kota Malang. Adapun Uji Wilcoxon diperoleh Thitung = 0. Nilai kritis untuk uji Wilcoxon α = 0,05 dan n = 5 (jumlah sampel) dari uji Wilcoxon dan diperoleh Ttabel = 1. Dari perhitungan tersebut dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Hi diterima, sebab Thitung (0) ≤ Ttabel (1). Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil rata-rata pre-test yaitu 58 dan hasil nilai rata-rata post-test yaitu 78. Jadi, terdapat pengaruh model picture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa tunarungu. Disarankan : (1) guru menerapkan metode picture and picture dalam pembelajaran IPA. (2) untuk sekolah diharapkan menyediakan media untuk pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9088

Actions (login required)

View Item View Item