Pengaruh aktivitas finger painting terhadap keterampilan motorik halus anak cerebral palsy kelas III SDLB Kedungkandang Kota Malang / Endah Dwi Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh aktivitas finger painting terhadap keterampilan motorik halus anak cerebral palsy kelas III SDLB Kedungkandang Kota Malang / Endah Dwi Novitasari

Novitasari, Endah Dwi (2018) Pengaruh aktivitas finger painting terhadap keterampilan motorik halus anak cerebral palsy kelas III SDLB Kedungkandang Kota Malang / Endah Dwi Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novitasari Endah Dwi. 2018. Pengaruh Aktivitas Finger Painting Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Cerebral Palsy Kelas III SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) Drs. H. Ahmad Samawi M.Hum Kata Kunci Aktivitas Finger Painting Keterampilan Motorik Halus Cerebral Palsy Cerebral palsy merupakan gangguan atau hambatan pada saraf otak yang mengendalikan anggota gerak motorik manusia yang membuat keadaan fisik seseorang lumpuh kaku kejang dan gerak motorik yang sulit dikendalikan. Berkaitan dengan kasus demikian dibutuhkan latihan atau pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak dengan aktivitas finger painting. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh aktivitas finger painting terhadap keterampilan motorik halus anak cerebral palsy untuk mencapai tujuan pembelajaran bina diri dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak cerebral palsykelas III di SDLB Negeri Kedungkandang. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dengan model desain A-B-A. Subjek penelitian menggunakan satu siswa cerebral palsy yang berusia 9 tahun kelas III di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Penelitian ini menggunakan analisis data dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan perolehan mean level yang meningkat dari baseline(A1) sebesar 34 413 intervensi (B) sebesar 61.175 dan baseline(A2) sebesar 52.743. Presentase overlap pada kondisi baseline(A1) ke kondisi intervensi sebesar 0%. Hasil overlap 0% termasuk dalam kategori kecil dan semakin kecil persentase overlap maka semakin baik sehingga disimpulkan bahwa intervensi (finger painting) berpengaruh terhadap target behavior (keterampilan motorik halus). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas finger painting berpengaruh terhadap keterampilan motorik halus anak. Adapun saran bagi guru dari penelitian ini adalah guru dapat memanfaatkan media dalam memberikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9084

Actions (login required)

View Item View Item