Pengaruh penggunaan media sandpaper letters terhadap kemampuan menulis permulaan anak down syndrome kelas B RA Ar-Rohmah Malang / Nur Ainna Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media sandpaper letters terhadap kemampuan menulis permulaan anak down syndrome kelas B RA Ar-Rohmah Malang / Nur Ainna Wulandari

Wulandari, Nur Ainna (2018) Pengaruh penggunaan media sandpaper letters terhadap kemampuan menulis permulaan anak down syndrome kelas B RA Ar-Rohmah Malang / Nur Ainna Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Wulandari Nur Ainna. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Sandpaper Letters Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Anak Down Syndrome Kelas B RA Ar-Rohmah Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Ir. Endro Wahyuno M.Si (2) Sopingi S. Sos M.Pd Kata kunci Down Syndrome Media Sandpaper Letters Menulis Permulaan. Anak Down Syndrome pada umumnya mengalami kesulitan dalam hal koordinasi motorik dan kemampuan dasar akademik namun beberapa anak down syndrome memiliki kemampuan calistung yang baik sehingga masih dapat dikembangkan untuk menguasai keterampilan dasar akademik. Salah satu anak down syndrome kelas B KB-RA Ar-Rohmah masih kesulitan dalam hal menulis sehingga membutuhkan media yang memudahkan anak dalam menulis yaitu dengan menggunakan media sandpaper letters. Tujuan penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan kemampuan menulis permulaan anak down syndrome kelas B RA Ar-Rohmah sebelum menggunakan media sandpaper letters (2) untuk mendeskripsikan kemampuan menulis permulaan anak down syndrome kelas B RA Ar-Rohmah sesudah mengg unakan media sandpaper letters (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sand paper letters terhadap kemampuan menulis permulaan anak down syndrome kelas B RA Ar-Rohmah. Metode penelitian dengan menggunakan Single Subject Research dengan desain A-B-A. Teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam bentuk grafik data dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan persentase overlap sebesar 0% yang berarti bahwa intervensi berupa penggunaan media sandpaper letters berpengaruh baik terhadap kemampuan menulis permulaan anak down syndrome kelas B RA Ar-Rohmah Malang. Selain itu hasil analisis data menunjukkan kemampuan menulis permulaan anak down syndrome mengalami peningkatan pada kondisi baseline-2 setelah diberi intervensi yaitu skor stabil sebesar 64 28% skor tersebut lebih tinggi daripada kondisi baseline-1 (A1) dengan skor stabil 41%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media sandpaper letters dapat berpengaruh terhadap kemampuan menulis permulaan anak down syndrome kelas B RA ar-Rohmah Malang. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Bagi Guru disarankan untuk dapat mengoptimalkan kemampuan menulis anak down syndrome dengan menggunakan media sandpaper letters (2) Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan media sandpaper letters dalam pembelajaran menulis permulaan dan mengembangkan media belajar yang baru sesuai dengan kebutuhan belajar anak dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak down syndrome.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9082

Actions (login required)

View Item View Item