Prasetyo, Bagus Dwi (2018) Pengaruh penggunaan permainan monopoli terhadap kemampuan penjumlahan mata uang siswa tunagrahita di SMPLB Putra Jaya Malang / Bagus Dwi Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Prasetyo Bagus Dwi. 2018. Pengaruh Penggunaan Permainan Monopoli Terhadap Kemampuan Penjumlahan Mata Uang Siswa Tunagrahita di SMPLB Putra Jaya Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Shodiq AM M.Pd (II) Drs. H. Abdul Huda M.Pd Kata Kunci permainan monopoli kemampuan penjumlahan mata uang tunagrahita Anak tunagrahita adalah anak berkebutuhan khusus yang mempunyai kemampuan intelektual di bawah rata-rata. Kekurangan tersebut membuat anak tunagrahita kesulitan dalam menghafal dan berhitung karena memiliki daya ingat yang rendah. Anak tunagrahita di SMPLB Putra Jaya Malang mengalami kesulitan dalam menyebut dan menjumlahkan nominal mata uang. Untuk menyikapi permasalahan tersebut peneliti mengajukan penelitian dengan menggunakan permainan monopoli yang dimodifikasi sebagai media pembelajaran materi penjumlahan mata uang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) kemampuan penjumlahan mata uang siswa tunagrahita ringan sebelum penggunaan permainan monopoli (2) kemampuan penjumlahan mata uang siswa tunagrahita ringan setelah penggunaan permainan monopoli dan (3) pengaruh penggunaan permainan monopoli terhadap kemampuan penjumlahan mata uang pada siswa tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen dengan one group pretest-posttest design . Sampel penelitian adalah siswa tunagrahita ringan di SMPLB Putra Jaya Malang yang berjumlah 5 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pre-test dan post-test. Kegiatan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis dengan uji Wilcoxon. Hasil perhitungan uji Wilcoxon diperoleh nilai Thitung 0 sedangkan Ttabel ( 945 0 05 dan n 5) 1. Dari hasil tersebut dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan monopoli berpengaruh terhadap kemampuan penjumlahan mata uang siswa tunagrahita di SMPLB Putra Jaya Malang. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada (1) sekolah untuk menyediakan media pembelajaran yang menarik untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran (2) guru memanfaatkan dan memodifikasi permainan monopoli pada berbagai materi dan (3) peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian serupa dengan materi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9081 |
Actions (login required)
View Item |