Pengaruh penggunaan media pensil grip terhadap kemampuan menulis permulaan pada siswa ADHD kelas II di SDLB Ngeri Kedungkandang / Mitha Mawarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media pensil grip terhadap kemampuan menulis permulaan pada siswa ADHD kelas II di SDLB Ngeri Kedungkandang / Mitha Mawarni

Mawarni, Mitha (2018) Pengaruh penggunaan media pensil grip terhadap kemampuan menulis permulaan pada siswa ADHD kelas II di SDLB Ngeri Kedungkandang / Mitha Mawarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Mawarni Mitha. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pensil Grip Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Pada Siswa ADHD Kelas II Di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Biasa Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing I) Drs Ir. Endro Wahyuno M.Si and (II) Drs. Ahmad Samawi M. Hum Kata kunci media pensil grip menulis permulaan siswa ADHD Siswa ADHD yang disertasi dengan afasia berdampak pada salah satunya kemampuan motorik halus pada bagian tubuh kanan. Kemampuan motorik halus kurang maka kemampuan menulis permulaan juga kurang. Salah satu media yang dapat melatih dan meningkatkan kemampuan menulis permulaan dengan media pensil grip. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan tentang 1) Kemampuan siswa ADHD dalam menulis permulaan sebelum menggunakan media pensil grip baseline (A1) . 2) Kemampuan siswa ADHD dalam menulis permulaan setelah menggunakan media pensil grip intervensi (B) .3) Pengaruh penggunaan media pensil grip terhadap kemampuan menulis permulaan pada siswa ADHD Kelas II Di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Penelitian ini mengambil metode eksperimen dengan menggunakan jenis rancangan dalam bentuk singel subject research (SSR) dengan desain A- B- A. subyek penelitian menggunakan 1 siswa ADHD dengan rentang usia 10 tahun di SDLB Neregi Kedungkandang. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu 1) Observasi sebagai langkah untuk mengamati secara langsung kejadian di lapangan dan mencatat selama pelaksanaan pembelajaran. 2) Dokumentasi untuk melengkapi data yang diperoleh melalui observasi dan berguna untuk menjawab fokus penelitian yang telah ditentukan. 3) Lembar penilaian digunakan untuk mengetahui skor yang didapat selama pembelajaran. Nilai atau skor yang sudah terkumpul dijumlahkan untuk diambil sebagai nilai rata-rata. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian mendaatkan mean level meningkat dari baseline (A1) sebesar 48.50 sedangkan mean level pada intervensi (B) sebesar 60.67 dan baseline (A2) sebesar 61.45. Selain itu presentase overlab antarkondisi baselin (A1) ke intervvensi (B) sebesar 0%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan menggunakan pensil grip berpengaruh terhadap kemampuan menulis permulaan siswa. Adapun saran bagi guru dari peneliti adalah guru dapat memanfaatkan media dalam pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9080

Actions (login required)

View Item View Item