Alhana, Zulfa (2018) Implementasi teknik melawat dengan pendamping awas bagi mahasiswa tunanetra di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Zulfa Alhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Alhana Zulfa. 2018. Implementasi Teknik Melawat dengan Pendamping Awas bagi Mahasiswa Tunanetra di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Biasa Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. M. Shodiq AM M.Pd dan dr. Agung Kurniawan M.Kes Kata kunci teknik melawat pendamping awas mahasiswa tunanetra Teknik melawat dengan pendamping awas berkontribusi dalam memudahkan tunanetra untuk mengenal lingkungan secara efisien dan detail dalam mendapatkan informasi terkait objek objek yang memudahkan atau menghambat orientasi mobilitas tunanetra. Kehadiran pendamping awas juga sebagai perantara tunanetra untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang masih belum dapat di jangkau oleh tunanetra. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan hal hal yang terkait (1) kemudahan hambatan dan solusi teknik melawat dengan pendamping awas di Fakultas Ilmu Pendidikan UM (2) ketergantungan mahasiswa tunanetra terhadap kehadiran pendamping awas (3) Implementasi teknik melawat dengan pendamping awas bagi mahasiswa tunanetra di Fakultas Ilmu Pendidikan UM. Penelitian ini mengambil penelitian studi kasus pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu Observasi sebagai langkah untuk mengamati secara langsung kejadian di lapangan wawancara sebagai media mendapatkan informasi melalui keterangan dari pihak terlibat penelitian. Dokumentasi sebagai penyelaras dari observasi dan wawancara. Sehingga dengan adanya teknik pengumpula data yang tepat hasil penelitian ini dapat dipertanggungjawabkan. Hasil penelitian dapat diuraikan bahwa kemudahan teknik melawat dengan pendamping awas antara lain efisien waktu dalam ber-orientasi mobilitas keamanan orientasi dan mobilitas mahasiswa tunanetra konsep orientasi yang lebih detail. Hambatan yang terjadi adalah keterbatasan pendamping awas pada teknik melawat dengan pendamping awas serta penyampaian deskripsi informasi terkesan abstrak. Ketergantungan mahasiswa tunanetra ketika masih mahasiswa baru karena belum mengenal lingkungan baru. Implementasi teknik melawat pendamping awas agar tidak terjadi ketergantungan adalah memberikan pendampingan kepada mahasiswa tunanetra sesuai dengan permintaan mahasiswa tunanetra.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9079 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |