Studi deskriptif sikap siswa reguler terhadap siswa autis dalam proses belajar kelas XI IPS di SMAN 10 Malang / Fajar Khoriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi deskriptif sikap siswa reguler terhadap siswa autis dalam proses belajar kelas XI IPS di SMAN 10 Malang / Fajar Khoriyah

Khoriyah, Fajar (2018) Studi deskriptif sikap siswa reguler terhadap siswa autis dalam proses belajar kelas XI IPS di SMAN 10 Malang / Fajar Khoriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

1 ABSTRAK Khoiriyah Fajar. 2018. Studi Deskriptif Sikap Siswa Reguler terhadap Siswa Autis dalam Proses Belajar Kelas XI IPS I di SMAN 10 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Shodiq AM M.Pd. (2) Dr. Sihkabuden M.Pd Kata Kunci Autisme Penerimaan Sosial Sekolah Inklusi Adanya sistem pendidikan inklusi adalah untuk membantu peserta didik yang menyandang kelainan fisik dan atau mental perilaku dan sosial agar mampu mengembangkan sisikap pengetahuan dan keterampilan sebagai pribadi maupun anggota masyarakat.Pelaksanaan pendidikan anak autis di sekolah umum diperlukan adanya penerimaan sosial dari teman sebaya. Fokus penelitian melingkupi (1) penerimaan siswa reguler terhadap siswa autis serta (2) peran siswa reguler membantu siswa autis dalam kegiatan sekolah. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan penelitian berupa kajian studi kasus mengenai kondisi langsung yang terjadi di lapangan. Proses pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menggunakan beberapa cara yaitu dengan angket observasi dan wawancara langsung. Analisis data terdiri dari tiga tahapan yaitu pengumpulan data (data collection) reduksi data (data reduction) penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verivication). Temuan dari hasil penelitian ini menunjukkan (1) siswa reguler telah dapat menerima keberadaan siswa autis di lingkungan belajar mereka meskipun masih ada beberapa yang kurang menyukai perilaku siswa autis (2)masih ditemukan beberapa kasus siswa reguler menjahili siswa autis meskipun terkadang sebagai bentuk balasan perilaku siswa autis sendiri (3) siswa reguler ikut serta membantu siswa autis dalam kegiatan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa siswa reguler sudah terbiasa dengan perilaku siswa autis dan mencoba menerima atau setidaknya memberikan toleransi mengenai keberadaan siswa autis. Siswa reguler juga turut serta membantu kegiatan belajar siswa autis dengan guru yang juga berperan sebagai penbimbing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9078

Actions (login required)

View Item View Item