Pengaruh media mathematical intelligence stick terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan pada siswa tuna grahita kelas IV di SLB Negeri Kota Batu / Siti Mualifah Astati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media mathematical intelligence stick terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan pada siswa tuna grahita kelas IV di SLB Negeri Kota Batu / Siti Mualifah Astati

Astati, Siti Mualifah (2018) Pengaruh media mathematical intelligence stick terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan pada siswa tuna grahita kelas IV di SLB Negeri Kota Batu / Siti Mualifah Astati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Astati SitiMualifah 2018. Pengaruh Media Mathematical Intelligence Stick Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Siswa Tunagrahita Kelas IV di SLB Negeri Kota Batu. Skripsi S1 PLB Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd (2) Drs. Usep Kustiawan M.Sn Kata Kunci mathematical intelligence stick penjumlahan tunagrahita Pembelajaran operasi hitung penjumlahan merupakan pembelajaran matematika yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan kegiatan menjumlah banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan siswa tunagrahita di SLB Negeri Kota Batu dalam operasi hitung penjumlahan dinilai sangat kurang. Siswa tunagrahita tersebut menguasai penjumlahan 1-5 saja. Perhatian yang sering teralihkan ditambah siswa yang hypetactive serta media yang kurang inovatif menjadi faktor penghambat dalam pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan operasi hitung penjumlahan sebelum menggunakan media mathematical intelligence stick (2) mendeskripsikan kemampuan operasi hitung penjumlahan setelah menggunakan media mathematical intelligence stick (3) mendeskripsikan adanya pengaruh media mathematical intelligence stick terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV di SLB Negeri Kota Batu. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian Single Subject Research (SSR) desain penelitian A-B-A. Subjek Penelitian ini adalah DF (11 tahun). Pengumpulan data dilakukan dengan soal test kemampuan operasi hitung penjumlahan sebanyak 10 soal kemudian dianalisis dengan rumus presentase. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) mean level kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita pada fase baseline-1 sebesar 52% (2) mean level kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita pada fase intervensi sebesar 95% (3) mean level kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita pada fase baseline-2 sebesar 82% (4) terdapat pengaruh media mathematical intellligence stick terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dari fase baseline-1 ke fase intervensi hal ini dipengaruhi oleh adanya media mathematical intellligence stick dalam pembelajaran operasi hitung penjumlahan pada siswa tunagrahita di SLB Negeri Kota Batu. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada (1) kepala sekolah dapat mengadakan pelatihan guru dalam menciptakan media pembelajaran yang inovatif (2) guru dapat menggunakan media mathematical intellligence stick pada pembelajaran operasi hitung penjumlahan (3) peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian dengan media mathematical intellligence stick tidak terbatas pada penjumlahan saja namun operasi hitung yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9076

Actions (login required)

View Item View Item