Pengembangan buku panduan keterampilan vokasi tata rias rambut (blow dry) bagi siswa tunarungu SMALB YPTB Kota Malang / Ovie Hillary Sholvian Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan keterampilan vokasi tata rias rambut (blow dry) bagi siswa tunarungu SMALB YPTB Kota Malang / Ovie Hillary Sholvian Putri

Putri, Ovie Hillary Sholvian (2018) Pengembangan buku panduan keterampilan vokasi tata rias rambut (blow dry) bagi siswa tunarungu SMALB YPTB Kota Malang / Ovie Hillary Sholvian Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Putri Ovie Hillary Sholvian. 2016. Pengembangan Buku Panduan Keterampilan Vokasi Tata Rias Rambut Bagi Siswa Tunarungu SMALB YPTB Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Drs. H. Ahmad Samawi M.Hum Kata Kunci Buku Panduan Tata Rias Rambut Siswa Tunarungu Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan buku panduan tata rias rambut (Blow dry) untuk siswa di SMALB Tunarungu. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah model pengembangan Dick Carey. Dalam menerapkan pengembangan ini peneliti hanya mengambil 7 dari 10 langkah. Hal ini disesuaikan kondisi khusus yang dihadapi di proses pengembangan. Pengumpulan datanya dilakukan menggunakan angket dan observasi sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis uji coba buku panduan tata rias rambut bagi siswa SMALB YPTB Malang ini adalah a. hasil validasi ahli materi tata rias rambut 93 Sangat Valid b. Validasi ahli media Sangat valid c. Validasi ahli praktisi Sangat Valid d. Uji coba kelompok kecil Sangat Valid sehingga dapat disimpulkan bahwa buku panduan tata rias rambut bagi siswa SMALB YPTB Malang dikategorikan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran keterampilan vokasional.Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada (1) Peneliti selanjutnya dapat diharapkan mengembangkan buku panduan untuk berbagai pelajaran dengan berbagai populasi dan keragaman siswa serta wilayah penelitian (2) Guru sebaiknya mampu memahami isi buku panduan sebelum menggunakannya dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9074

Actions (login required)

View Item View Item