Pengaruh metode global terhadap kemampuan menulis bagi siswa tunagrahita ringan di SDLB Negeri Kedung Kandang Malang / Yuan Ammarinda

Ammarinda, Yuan (2018) Pengaruh metode global terhadap kemampuan menulis bagi siswa tunagrahita ringan di SDLB Negeri Kedung Kandang Malang / Yuan Ammarinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ammarinda, Yuan. 2018. Pengaruh Metode Global Terhadap Kemampuan Menulis Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Di SDLB Negeri Kedung Kandang Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, S.Pd, M.Pd. (2) Dr. Asep Sunandar, S.Pd, M.AP Kata kunci: Tunagrahita, Metode Global, Kemampuan Menulis Menulis merupakan kegiatan mengungkapkan ide atau gagasannya dalam bentuk tulisan yang teratur dan tersruktur. Mengerti isi bacaan serta menuliskan isi bacaan tersebut adalah hal yang sulit untuk dilakukan anak tunagrahita. Anak tunagrahita yang sulit untuk mengingat membuat anak menjadi kesulitan dalam menuliskan isi atau bacaan karena lupa pada huruf atau penulisan yang tidak jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis anak tunagrahita kelas V sebelum dan sesudah diberikan metode global, serta mendeskripsikan pengaruh metode global dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa tunagrahita kelas V di SDLB Negeri Kedung Kandang Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tulis untuk kegiatan pretest dan kegiatan posttest. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah uji hipotesis menggunakan Uji Wilcoxon. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, hasilnya yaitu nilai rata-rata pada kegiatan pretest sebesar 56,7, dan nilai rata-rata kegiatan posttest sebesar 71,7. Hasil output diperoleh dengan syarat apabila H0 diterima yakni memiliki Thitung > Ttabel dan H0 ditolak jika memiliki Thitung < Ttabel. Pada penelitian ini diperoleh hasil Thitung < Ttabel, yakni nilai T0=0 < Ttabel = 2 atau 0 < 2. Dari kriteria tersebut maka menunjukkan bahwa H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis siswa tunagrahia kelas V di SDLB Negeri Kedung Kandang Malang sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan metode global. Saran yang diajukan oleh penulis untuk lembaga sekolah ialah bahwa metode global dapat dijadikan referensi dalam pemilihan metode dalam pembelajaran. Metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa dalam meningkatkan kemampuannya terutama dalam menulis siswa tunagrahita. Bagi guru dapat dijadikan sebagai variasi mengajar sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa tunagrahita. Bagi peneliti selanjutnya dalam penggunaan metode global dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis pada siswa dengan selain ketunaan tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9073

Actions (login required)

View Item View Item