Peran orangtua dalam pelaksanaan behavior therapy untuk anak ADHD di TK Tazkiyah Malang / Diah Ayuningtyas

Ayuningtyas, Diah (2018) Peran orangtua dalam pelaksanaan behavior therapy untuk anak ADHD di TK Tazkiyah Malang / Diah Ayuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ayuningtyas, Diah. 2018. Peran Orangtua dalam Pelaksanaan Behavior Therapy untuk Anak ADHD di TK Tazkiyah Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs.Abdul Huda, M.Pd., (II) Eka Pramono Adi, S.IP,M.Si. Kata Kunci : Peran Orangtua, Terapi Perilaku, ADHD ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder adalah gangguan perhatian disertai hiperaktif. Dalam kondisinya anak dengan hambatan ADHD pada umumnya mengalami gangguan dalam konsentrasi, hiperaktif dan implusif. Gangguan yang dialami memicu timbulnya perilaku yang mal-adaptif seperti tidak bisa duduk diam maupun memukul-mukul sesuatu. Salah satu terapi yang bisa dilakukan untuk meminimalisir perilaku-perilaku yang kurang sesuai adalah dengan behavior therapy. Behavior Therapy atau terapi perilaku merupakan penerapan aneka ragam teknik-teknik dan prosedur yang berakar pada berbagai teori tentang belajar. Salah satu tekniknya adalah reinforcement/penguatan. Penguatan adalah suatu bentuk penghargaan terhadap tingkah laku siswa. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) Peran orangtua dalam pelaksanaan behavior therapy untuk anak ADHD di TK Tazkiyah Malang; (2) Pelaksanaan behavior therapy untuk anak ADHD di TK Tazkiyah Malang; (3) Hambatan yang dialami orangtua dalam pelaksanaan behavior therapy di TK Tazkiyah Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dilaksanakan di TK Tazkiyah Malang dan di rumah beberapa orangtua anak ADHD yang menerapikan anaknya minimal satu tahun dengan subjek anak ADHD usia TK. Pengumpulan data pada penelitian kualitatif ini menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan behavior therapy untuk anak ADHD di TK Tazkiyah Malang melalui beberapa tahap yaitu : (1) assesment; (2) goal setting; (3) teknik implementation; (4) evaluation. Orangtua berperan penuh dalam setiap pelaksanaanya dengan turut berkontribusi dalam setiap tahap yang dilalui mulai dari assesment, goal setting sebagai bentuk perencanaan, teknik implementation sebagai pelaksanaan dan evaluation sebagai evaluasi. Dalam proses kerterlibatannya terhadap pelaksanaan behavior therapy yang dilakukan orangtua mengalami hambatan yaitu : (1) penerimaan diri orangtua yang kurang sehingga menyebabkan orangtua tidak mengerti tentang ADHD; (2) pemahaman terhadap behavior therapy khususnya teknik reinforcement kurang. ii Kesimpulan dari penelitian ini yaitu peran orangtua sangat penting dalam membantu terapis mencapai goal setting yang telah ditetapkan sebelum terapi dilaksanakan. Orangtua yang menerapikan anaknya di TK Tazkiyah Malang ikut berkontribusi mulai dari assesment sampai dengan proses evaluasinya. Secara garis besar hambatan yang dihadapi orangtua adalah pemahaman tentang ADHD dan behavior therapy itu sendiri. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalalah : (1) terapis hendaknya menjelaskan secara keseluruhan mengenai terapi yang dilakukan kepada orangtua agar penerapan yang dilakukan orangtua di rumah dapat berjalan maksimal; (2) Orangtua hendaknya mencari informasi lebih banyak terkait dengan kondisi dan terapi yang dilakukan oleh anak; (3) peneliti selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9066

Actions (login required)

View Item View Item