Pengaruh media papan magnet terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas II di SDLB Al-Ikhsan Nganjuk / Susilowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media papan magnet terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas II di SDLB Al-Ikhsan Nganjuk / Susilowati

Susilowati (2018) Pengaruh media papan magnet terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas II di SDLB Al-Ikhsan Nganjuk / Susilowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susilowati 2018. Pengaruh media papan magnet terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas II SDLB AL-Ikhsan Nganjuk. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd (II) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. Kata kunci Tunagrahita papan magnet kemampuan membaca permulaan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas II di SDLB AL-Ikhsan Nganjuk. Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki kecerdasan dibawah rata-rata berkesulitan dalam hal berkomunikasi dan berinteraksi . Rendahnya kognitif anak tunagrahita juga berpengaruh pada proses belajar dikelas dan berpengaruh pada pendidikan anak tunagrahita khususnya dalam-keterampilan membaca.Membaca permulaan dengan menggunakan media papan magnet merupakan salah satu cara untuk memudahkan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian (1) mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah memanfaatkan media papan magnet terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas II di SDLB AL-Ikhsan Nganjuk. Rancangan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain time series dengan Quasi Eksperimen pre test post test. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita ringan kelas II di SDLB AL-Ikhsan Nganjuk yang berjumlah 5 siswa. Berdasarkan dari t hitung diperoleh nilai sig sebesar 7 8 dan ttabel 2 131. Hasil dari niai menunjukkan nilai sig (0 05). Maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga papan magnet memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan. Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas II SDLB AL-Ikhsan Nganjuk. Berdasarkan dari hasil yang telah diperoleh hendaknya Bapak/Ibu Guru menggunakan media papan magnet dalam membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9065

Actions (login required)

View Item View Item