Strategi guru dalam implementasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) bagi siswa tunarungu kelas X (studi kasus di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang) / Nadya Lailatul Fitri

Fitri, Nadya Lailatul (2018) Strategi guru dalam implementasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) bagi siswa tunarungu kelas X (studi kasus di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang) / Nadya Lailatul Fitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitri, Nadya Lailatul. 2018. Strategi Guru dalam Implementasi Higher Order Thinking Skill bagi Siswa Kelas Xb (Studi Kasus di SMALB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang). Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pnedidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Huda, M.Pd (2) Sopingi, S.Sos, M.Pd Kata Kunci: Strategi Guru, Higher Order Thinking Skill, Tunarungu Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan salah satu ketrampilan yang harus diintegrasikan dalam pembelajaran berdasarkan pedoman PERDIRJEN 2017. Kemampuan berpikir tingkat tinggi menuntut para peserta didik untuk berpikir secara utuh, mulai mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalis, mengevaluasi hingga mencipta. Pembelajaran secara utuh tersebut tidak hanya diberikan kepada segelintir peserta didik tertentu saja, melainkah secara menyeluruh yang termasuk didalamnya adalah peserta didik berkebutuhan khusus tunarungu. SMALB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang merupakan satu-satunya SLB yang telah menerapkan Higher Order Thinking Skill dalam pembelajaran yang ada di Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman guru, strategi guru, dan problematika yang dihadapi guru dalam upaya implementasi Higher Order Thinking Skill bagi siswa tunarungu kelas X pada pembelajaran IPA. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan, Beraneka ragamnya kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik tunarungu kelas Xb SMALB Pembina Tingkat Nasional Malang menjadi tantangan tersendiri bagi guru kelas. Beraneka strategi telah dicoba dengan tujuan untuk mencari teknik yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan assessment yang dilakukan oleh guru kelas, dari 9 peserta didik kemudian dikelompokkan menjadi 3 bagian. Bagia A adalah peserta didik yang memiliki kemampuan kognitif C3, bagian B adalalah peserta didik yang memiliki kemampuan kognitif C2, sedangkan bagian C adalah peserta didik yang memiliki kemampuan kognitif C1. Setelah dikelompokkan guru menyusun program pembelajaran dengan mengintegrasikan Higher Order Thinking Skill dengan menggunakan berbagai strategi. Antara lain dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, CTL, PBL, serta diskusi kelompok. Selain itu guru juga menggunakan bantuan alat pembelajaran atau media pembelajaran gambar, video serta alam sekitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9064

Actions (login required)

View Item View Item