Pelaksanaan Diet Therapy Bagi Siswa Autis di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung / Elisa Citra Anisa

Anisa, Elisa Citra (2018) Pelaksanaan Diet Therapy Bagi Siswa Autis di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung / Elisa Citra Anisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anisa, Elisa Citra. 2018. Pelaksanaan Diet Therapy Bagi Siswa Autis di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sudarsini, M.Pd., (2) Dr. Sulthoni, M.Pd. Kata Kunci: diet, therapy, autis Anak autis lebih cenderung mengalami gangguan pada pencernaan. Beberapa jenis makanan tidak boleh dikonsumsi oleh anak autis karena dapat merusak dinding usus. Sehingga daya serap usus meningkat drastis dan menyebabkan bahan-bahan yang seharusnya tidak terserap menjadi terserap, termasuk jamur, bakteri dan parasit. Kerja otak anak akhirnya dapat terganggu sehingga menyebabkan anak menajadi tidak bisa diam dan tenang. Oleh sebab itu siswa autis di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung harus menjalankan diet therapy. Diet therapy dilakukan dengan cara mengatur menu makanan yang dikonsumsi setiap hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan diet therapy bagi siswa autis. (2) hambatan dalam pelaksanaan diet therapy bagi siswa autis. (3) dampak diet therapy bagi siswa autis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan diet therapy bagi siswa autis terdiri dari: persiapan yaitu melakukan tes IgG Food Allergy di laboratorium guna mengetahui alergi pada siswa autis sebelum menentukan variasi makanan yang tepat, pelaksanaan diet yang diterapkan oleh orangtua, pengawasan dan evaluasi yang dilakukan oleh pihak sekolah. (2) Hambatan dalam pelaksanaan diet therapy yang meliputi: siswa autis sendiri yang sulit untuk menerima diet dengan baik, faktor kesibukan orangtua, dan sulitnya mendapatkan bahan makanan tertentu. (3) Dampak diet therapy bagi siswa autis dapat diketahui dari penilaian pada komponen BALSH (Behavior/perilaku, Attention/perhatian, Language/bahasa, Stimming/stimulasi diri, dan Hiperactivity/hiperaktif), selain itu juga berdampak terhadap aktivitas sehari-hari. Pelaksanaan diet therapy bagi siswa autis akan berdampak baik jika diterapkan dengan benar. Dampak dari diet dapat diketahui dari pencatatan yang dilakukan oleh orangtua setiap hari. Saran dalam penelitian ini ditunjukkan kepada: (1) Kepala sekolah, agar lebih mengawasi pelaksanaan diet therapy, jika perlu melakukan tindakan tegas jika ada orangtua yang tidak melaksanakan terapi diet bagi anaknya. (2) Orangtua, agar lebih memahami anaknya dalam segala kondisi, termasuk perubahan-perubahan yang terjadi setiap hari pada anak autis. Orangtua harus benar-benar mengawasi konsumsi makanan sehari-hari untuk anaknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9063

Actions (login required)

View Item View Item