Pengaruh media kubus bergambar terhadap kemampuan penjumlahan dua angka pada anak tunagrahita sedang keklas VII SMPLB Negeri Cerme Gresik / Syntia Ambarwati Alif

Alif, Syntia Ambarwati (2018) Pengaruh media kubus bergambar terhadap kemampuan penjumlahan dua angka pada anak tunagrahita sedang keklas VII SMPLB Negeri Cerme Gresik / Syntia Ambarwati Alif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Alif, Syntia Ambarwati. 2018. Pengaruh Media Kubus Bergambar Terhadap Kemampuan Penjumlahan Dua Angka Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas VII SMPLB Negeri Cerme Gresik. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd, M.Kes., (II) dr. Agung Kurniawan, M.Kes. Kata Kunci: Penjumlahan Dua Angka, Tunagrahita, Kubus Bergambar Matematika mempelajari tentang keteraturan, tentang struktur yang terorganisasikan, konsepnya tersusun secara hirarkis, berstruktur dan sistematis, mulai dari konsep yang paling sederhana sampai pada konsep yang kompleks. Salah satu kajian dalam matematika yaitu penjumlahan. Penjumlahan dalam terapannya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunkan teknik menyimpan dan tanpa menggunakan teknik menyimpan. Pembirian teknik matematika dalam bidang penjumlahan baik dengan cara menyimpan ataupun tidak dapat menggunakan bantuan media yang sesuai, seperti adanya batu atau lidi untuk membantu dalam proses menghitung. Salah satu media yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penggunaan kubus bergambar, yang merupakan kubus dengan berisi gambar angka disetiap sisinya untuk dapat membantu siswa mengerjakan soal penjumlahan dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berhitung penjumlahan dua angka sebelum dan sesudah menggunakan bantuan media kubus bergambar. Hal ini dapat diukur dari nilai hasil belajar anak dalam bidang matematika khususnya melakukan penjumlahan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan one group pre-test post-test setelah itu melakukan pengukuran terhadap tingkat kemampuan siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari lima siswa yang dijadikan subjek penelitian, kelima mengalami kenaikan nilai dalam melakukan penjumlahan berdasarkan hasil tes belajar mereka. Berdasarkan hasil perhitungan terhadap jumlah harga mutlak yang diambil (terkecil) adalah Thitung=0 dan Ttabel dengan taraf nyata α = 5% = 0,05 dan n=5 maka diperoleh harga=1. Dari kriteria pengujian yang telah ditetapkan, maka harga Thitung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9062

Actions (login required)

View Item View Item