Strategi pembelajaran pada pelatihan Tari Topeng Malangan di Padepokan Seni Topeng Asmoro Bangun / Siti Nur Fathonah

Fathonah, Siti Nur (2018) Strategi pembelajaran pada pelatihan Tari Topeng Malangan di Padepokan Seni Topeng Asmoro Bangun / Siti Nur Fathonah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fathonah, S.N. 2018. Strategi Pembelajaran Pelatihan Tari Topeng Malangan di Padepokan Seni Topeng Asmoro Bangun. Skripsi, Prodi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Dr. Ach. Rasyad, M.Pd., (II) Edi Widianto, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pelatihan, Tari Topeng, Malangan,Seni Topeng, Asmoro Bangun Strategi pembelajaran adalah sebuah rancangan serangkaian kegiatan yang disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Pelatihan tari topeng malangan di padepokan seni topeng asmoro bangun memiliki peserta yang jumlahnya delapan puluh orang sedangkan pelatihnya hanya ada dua orang dan pesertanya banyak anak-anak. Pelatihan tari topeng malangan diselenggarakan secara gratis, namun menekankan pada hasil pelatihan yakni kualitas peserta yang bagus dalam menari tari topeng malangan. Berdasarkan hal tersebut, maka penggunaan strategi pembelajaran pada pelatihan tari topeng malangan tersebut menjadi hal yang unik untuk diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran pelatihan tari topeng malangan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data pada penelitian ini adalah pengelola padepokan, pelatih dan peserta pelatihan. Data hasil penelitian ini berupa kata-kata informan, dokumentasi, dan pengamatan peneliti yang diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara tak terstruktur, observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yakni data colection, data reduction, data display and conclusion drawing and verifycation. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan pada pelatihan tari topeng malangan yaitu: (1) strategi pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran dengan contoh, hal ini ditunjukkan bahwa pada saat pembelajaran pelatih memberikan contoh gerakan tari kepada peserta dan juga peserta lain menjadi model yang dijadikan contoh peserta lain; (2) strategi pembelajaran bercerita, strategi ini digunakan pelatih untuk mempertegas sifat gerak pada tari, selain itu untuk penjiwaan tokoh yang diperankan pada tari; (3) strategi pembelajaran dengan pembagian kelompok, peserta terbagi menjadi beberapa kelompok kecil yang disesuaikan dengan umur dan kemampuannya; dan (4) strategi pembelajaran dengan menggunakan sistem among, hal ini ditunjukkan dengan peserta yang memiliki kemampuan menari secara baik dan bagus akan membantu pelatih dalam membimbing dan mengajari tari pada peserta lain hal ini bertujuan untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan kemampuan peserta sehingga peserta menjadi regenerasi wayang topeng yang profesional. Berdasarkan hasil penelitian saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya lebih mengkaji lebih dalam pengaruh dari strategi pembelajaran terhadap hasil belajar peserta pelatihan. Pengelola padepokan selanjutnya untuk lebih mengembangkan strategi pembelajaran dalam pelatihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9060

Actions (login required)

View Item View Item