Proses pembelajaran sejarah Indonesia di kelas X semester genap SMKN 4 Malang tahun 2019 berbasis kurikulum 2013 revisi 2017 / Amey Karimatul Fadhilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pembelajaran sejarah Indonesia di kelas X semester genap SMKN 4 Malang tahun 2019 berbasis kurikulum 2013 revisi 2017 / Amey Karimatul Fadhilah

Fadhilah, Amey Karimatul (2019) Proses pembelajaran sejarah Indonesia di kelas X semester genap SMKN 4 Malang tahun 2019 berbasis kurikulum 2013 revisi 2017 / Amey Karimatul Fadhilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fadhilah Amey Karimatul. 2019. Proses Pembelajaran Sejarah Indonesia Di Kelas X Semester Genap SMKN 4 Malang Tahun 2019 Berbasis Kurikulum 2013 Revisi 2017. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Joko Sayono M. Pd. M. Hum. (II) Dra. Yuliati M. Hum Kata Kunci pelaksanaan pembelajaran sejarah kurikulum 2013 revisi 2017 SMKN 4 Malang Pengembangan Kurikulum 2013 sudah mengalami beberapa revisi sejak diterapkan pada bulan Juli tahun 2013. Tahap pelaksanaan Kurikulum 2013 Revisi 2017 masih belum berjalan efektif dan maksimal dikarenakan beberapa kendala seperti keterbatasan informasi dan sosialiasi mengenai pelaksanaan Kurikulum 2013 Revisi 2017 ke beberapa satuan pendidikan salah satunya adalah pendidikan di SMKN 4 Malang. Observasi awal yang dilakukan peneliti terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran guru Sejarah Indonesia SMKN 4 Malang belum keseluruhan terencana seperti Kurikulum 2013 Revisi 2017. Oleh sebab itu perlu diteliti lebih lanjut bagaimana pelaksanaan pembelajaran Sejarah di SMKN 4 Malang berbasis Kurikulum 2013 Revisi 2017. Panduan yang digunakan adalah Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2018. Fokus dalam penelitian ini terdiri dari dua hal. Pertama memaparkan proses pembelajaran Sejarah Indonesia di SMKN 4 Malang. Kedua mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Sejarah Indonesia menggunakan Kurikulum 2013 Revisi 2017. Metode penelitian yang digunakan untuk menggali fokus masalah adalah kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru Matapelajaran Sejarah Indonesia kelas X serta siswa di X Animasi B X Mekatronika X Multimedia A X TKJ B X Animasi C X Desain Grafis D X Desain Grafis A dan X RPL C. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan adalah wawancara dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalis dan dicek kebsahannya. Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa proses pembelajaran Sejarah Indonesia di SMKN 4 Malang meliputi perencanaan pelaksanaan serta penilaian proses pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan beberapa tahapan yakni pembukaan kegiatan inti dan penutup. Media pembelajaran menjadi ciri khas pembelajaran Sejarah Indonesia karena guru memanfaatkan keahlian dari masing-masing progam jurusan keahlian untuk membuat media pembelajaran. Kegiatan penilaian diselenggarakan dengan penilaian autentik meskipun belum secara komprehensif guru hanya melampirkan pedoman penskoran pengetahuan dan tidak melakukan penilaian teman sebaya sikap dan penilaian diri. Peran guru dalam mengajar siswa yang memiliki motivasi belajar dan fasilitas yang mendukung di SMKN 4 Malang menjadi faktor pendukung dalam pembelajaran Sejarah Indonesia. Faktor penghambat dalam pembelajaran adalah peran aktif guru dalam menggunakan media yang tersedia dan tidak melakukan penilaian autentik dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90585

Actions (login required)

View Item View Item