Pengembangan media pembelajaran sejarah video 2 dimensi motion graphic berbasis adobe aftereffect pada materi perjuangan Marsinah untuk siswa kelas X Tata Niaga (TN) SMK PGRI Turen Kabupaten Malang / Nohan Abdurrahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah video 2 dimensi motion graphic berbasis adobe aftereffect pada materi perjuangan Marsinah untuk siswa kelas X Tata Niaga (TN) SMK PGRI Turen Kabupaten Malang / Nohan Abdurrahman

Abdurrahman, Nohan (2019) Pengembangan media pembelajaran sejarah video 2 dimensi motion graphic berbasis adobe aftereffect pada materi perjuangan Marsinah untuk siswa kelas X Tata Niaga (TN) SMK PGRI Turen Kabupaten Malang / Nohan Abdurrahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Abdurrahman Nohan. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Video Motion Graphic 2 Dimensi Berbasis Adobeaftereffect Pada Materi Perjuangan Marsinah Untuk Siswa Kelas X Tata Niaga (TN) SMK PGRI Turen Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Yuliati M.Hum. Pembimbing (II) Indah Wahyu Puji Utami S.Pd S.Hum M.Pd. Kata Kunci perjuangan marsinah media motion graphic Fokus utama penelitian ini adalah permasalahan dalam pembelajaran sejarah terutama dalam penggunaan media pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan media pembelajaran sejarah video 2 dimensi motion graphic berbasis adobe after effect pada materi perjuangan Marsinah pada Kompetensi Dasar 3.14 Mengevaluasi Perkembangan Kehidupan Politik dan Ekonomi Bangsa Indonesia Pada Masa Orde Baru . Penelitian dan pengembangan ini di juga didasarkan materi perjuangan Marsinah yang merupakan pahlawan buruh dalam sejarah nasional Indonesia pada masa Orde Baru namun tidak banyak diketahui oleh peserta didik di kelas X Tata Niaga. Hal ini diketahui berdasarkan wawancara dengan beberapa peserta didik pada saat penelitian awal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan prosedural dari Sadiman yang ada 8 langkah. Langkah-langkah dalam mengembangkan program media adalah 1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa 2) merumuskan tujuan instruksional pembelajaran 3) merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan 4) mengembangkan alat pengukur keberhasilan 5) menulis naskah media 6)Validasi ahli dan revisi 7) uji coba dan revisi (8) produk akhir. Hasil uji validasi ahli materi menunjukkan persentase mencapai 92 5% sementara hasil uji validasi ahli media persentase mencapai 97 5%. Hasil validasi ahli materi dan media menunjukkan hasil sangat valid. Hasil uji coba produk kelompok kecil menunjukan persentase 84% dan hasil uji coba pada kelompok besar juga mencapai persentase yang sama yaitu 84%. Presentase tersebut tergolong kriteria sangat efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran SUMMARY Abdurrahman Nohan. 2019. The Development of Historical Learning Media Video Two Dimension Motion Graphic Based On After Effect On Main Topic Marsinah Movement For Students in X Tata Niaga (TN) SMK PGRI Turen Malang Regency Thesis Department Of History Program Study Of History Education Faculty Of Social Science State University Of Malang. Supervisor (I) Dra. Yuliati M Hum (II) Indah Wahyu Puji Utami S.Hum S.Pd M.Pd. Keywords marsinah fighting media motion graphic The main focus of this research and development was on the problem on historical learning particularly in the use of learning media in the class. This research and development also was Marsinah fighting who was labor hero in national history of Indonesia during New Order Era. However most of students in class of X Tata Niaga did not recognize her. This was known based on the interview with several students on preliminary study based. The objective of this research and development was to develop the learning media adobe after effect-based 2 dimension motion graphic video on topic of Marsinah Fighting based on Basic Competency of 3.14. Evaluating the development of the political and economic life of the Indonesian nation in the new order era. The method that used in this study was procedural method according to Sadiman method that consisted of 8 steps. The steps in media program development were 1) analyzing the needs and characteristic of students 2) formulating the learning instructional goal 3) formulating the material points in detail to support the achievement of goal 4) developing the success measurement tools 5) writing the media script 6) validating media expert and revision 7) trial and revision 8) final product. The validation test of material expert shown the percentage that reached up to 92.5% while the validation test of media expert had percentage of 97 5%. The validation result of material and media experts shown the result that included into category of very valid. The result of product trial on small group had percentage of 84% and the result of product trial on large group had the same percentage of 84%. Those percentage were included into criteria of very effective and proper tu use for history learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90584

Actions (login required)

View Item View Item