Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IIS yang belajar menggunakan model pembelajaran treffinger dengan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran sejarah Indonesia materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Adhelia Sulistya Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IIS yang belajar menggunakan model pembelajaran treffinger dengan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran sejarah Indonesia materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Adhelia Sulistya Putri

Putri, Adhelia Sulistya (2019) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IIS yang belajar menggunakan model pembelajaran treffinger dengan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran sejarah Indonesia materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Adhelia Sulistya Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Adhelia Sulistya. 2019. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IIS yang Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Matapelajaran Sejarah Indonesia Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Joko Sayono M.Pd M.Hum. (II) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. Kata Kunci treffinger problem based learning berpikir kreatif pembelajaran sejarah Tuntutan pembelajaran dalam kurikulum 2013 adalah mengembangkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) yaitu kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif dapat mengarahkan siswa agar mampu berpikir lancar dan luwes dengan mengemukakan banyak alternatif jawaban untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Proses pembelajaran sejarah di sekolah saat ini masih jarang menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan untuk mengungkapkan banyak gagasan ketika dihadapkan pada suatu masalah. Melalui model pembelajaran Treffinger dan Problem Based Learning dapat menuntun siswa mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Treffinger kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan Problem Based Learning pada matapelajaran sejarah. Rancangan penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Desain dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas XI IIS SMAN 1 Turen sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Treffinger meningkat sebesar 47% kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning meningkat sebesar 42% dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada matapelajaran sejarah sebesar 4%. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 2 136 ttabel 1 997 pada taraf signifikansi 0 05 sehingga Ha diterima yang berarti penggunaan model pembelajaran Treffinger lebih efektif daripada penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang akan dikemukakan adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran Treffinger dan Problem Based Learning untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan bagi peneliti selanjutnya dapat menguji model pembelajaran Treffinger dan Problem Based Learning terhadap variabel lain dengan instrumen sampel dan tempat yang diperluas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90582

Actions (login required)

View Item View Item