Pengaruh penggunaan media pembelajaran sejarah infografis pada materi pergerakan nasional terhadap hasil belajar siswa kelas X SMKN 3 Malang / Andri Nur Malida Shofiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media pembelajaran sejarah infografis pada materi pergerakan nasional terhadap hasil belajar siswa kelas X SMKN 3 Malang / Andri Nur Malida Shofiyah

Shofiyah, Andri Nur Malida (2019) Pengaruh penggunaan media pembelajaran sejarah infografis pada materi pergerakan nasional terhadap hasil belajar siswa kelas X SMKN 3 Malang / Andri Nur Malida Shofiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Shofiyah Andri Nur Malida. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah Infografis Pada Materi Pergerakan Nasional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Smkn 3 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Yuliati M.Hum (2) Indah Wahyu Puji Utami S.Hum S.Pd M.Pd Kata Kunci infografis hasil belajar pengaruh Penggunaan infografissebagai media pembelajaran bertujuan agar siswa mampu memahami materi sejarah dengan baik. Pemahaman yang baik akan berdampak pada hasil belajar baik pula. SMKN 3 Malang yang digunakan pada penelitian ini belum sepenuhnya menggunakan media pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran sejarah. Itulah yang menjadi salah satu penyebab hasil belajar rendah. Melalui Infografis materi sejarah yang seringkali hanya tersaji dalam teks dapat ditampilkan dengan visualisasi yang menarik karena setiap poin informasi disertai gambar atau ilutrasi untuk mempertegas pesan di dalamnya sehingga memudahkan kemampuan kognitf dan akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran sejarah infografis pada materi pergerakan nasional terhadap hasil belajar siswa kelas X SMKN 3 Malang. Seberapa signifikan pengaruh yang diberikan oleh media pembelajaran infografis terhadap peningkatan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test Post-test Control Group Design.Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMKN 3 Malang. Sampel dipilih menggunakan metode simple random sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah Uji-t dengan menggunakan perhitungan Paired Sample Test pada SPSS. Kesimpulan pada penelitian ini dapat diperoleh dari hasil perhitungan nilai Uji-t dan nilai rerata dari data hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol. Perhitungan Uji-t menunjukan bahwa nilai thitung kelas eksperimen jauh lebih besar dari pada nilai thitung pada kelas kontrol yakni sebesar 18 417 untuk kelas eksperimen dan 4 332 untuk kelas kontrol. Kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran infografis memiliki signifikansi yang jauh lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima karena nilai thitung 18 417 jauh melebihi nilai ttabel 2 468. Nilai rerata kelas eksperimen menunjukan peningkatansignifikan dari nilai rerata pre-test 38 62 menjadi 78 97 pada post-test. Kelas kontrol memilikinilai rerata pre-test 38 79 dan 44 31 pada post-test. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan media pembelajaran infografis pada materi pergerakan nasional terhadap hasil belajar siswa kelas X SMKN 3 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90581

Actions (login required)

View Item View Item