Upaya pendidik dalam menanamkan kemandirian anak usia dini (studi kasus di Pos PAUD Dewi sartika Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Lintang Juwita

Juwita, Lintang (2018) Upaya pendidik dalam menanamkan kemandirian anak usia dini (studi kasus di Pos PAUD Dewi sartika Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Lintang Juwita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Juwita, Lintang. 2018. Upaya Pendidik dalam Menanamkan Kemandirian Anak Usia Dini. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty, S.Pd, M.Pd., (II) Drs. H. Nurhadi, M.Pd. Kata Kunci: kemandirian, anak usia dini, Kelompok Bermain Kemandirian merupakan sikap dasar yang harus dimiliki oleh setiap individu demi kehidupannya kelak. Sikap mandiri tidak bisa ditanamkan secara instant kepada seseorang, namun ditanamkan sejak anak usia dini. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai salah satu lembaga untuk mengembangkan potensi anak usia dini, dan pendidik memiliki peran yang sangat penitng. Dalam menanamkan kemandirian anak usia dini dibutuhkan pendidik yang sabar dan tekun untuk mendidik dan membimbing peserta didiknya menjadi lebih baik. Namun masih ditemukan pendidik bersikap memaksa hingga anak menangis dalam membiasakan anak untuk bisa mandiri. Perlakukan seperti ini terjadi di KB kelas kecil Dewi Sartika. Dengan metode yang diterapkan tersebut, peserta didik yang tergolong dalam usia 2-4 tahun sudah mampu mandiri ketika di lingkungan sekolah. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh pendidik untuk menanamkan kemandirian kepada peserta didik KB kelas kecil Dewi Sartika, serta faktor apa saja yang mendorong upaya pendidik dalam menanamkan kemandirian. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus yang berfokus pada satu kasus tunggal. Penelitian ini dilakukan di POS PAUD Dewi Sartika Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Peneliti fokus kepada kelas kecil Kelompok Bermain (KB). Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa upaya yang dilakukan oleh pendidik untuk menanamkan kemandirian peserta didik, yaitu: (1) melalui pembiasaan, (2) memuji anak saat berhasil menyelesaikan pekerjaannya, serta (3) memahami karakter dan kebutuhan peserta didik. Kemudian terdapat beberapa faktor pendorong upaya pendidik menanamkan kemandirian, yaitu: (1) kegiatan pembelajaran yang variatif dan suasana kelas yang menyenangkan, dan (2) keterlibatan orangtua dalam menanamkan kemandirian anak usia dini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, sebaiknya pengelola mengadakan pertemuan rutin dengan orangtua murid untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya kemandirian anak yang harus ditanamkan sejak anak berada pada usia dini. Agar perlakuan yang diberikan antara pendidik di sekolah dan orangtua di rumah dapat sejalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9058

Actions (login required)

View Item View Item