Pengembangan media pembelajaran game android defend the midway berbasis construct 2 pada siswa kelas XI IIS 2 SMAN 1 Giri Banyuwangi / Moh. Galuh Okta Prayogi

Prayogi, Moh. Galuh Okta (2019) Pengembangan media pembelajaran game android defend the midway berbasis construct 2 pada siswa kelas XI IIS 2 SMAN 1 Giri Banyuwangi / Moh. Galuh Okta Prayogi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prayogi, Mohammad Galuh Okta. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Game Android Defend The Midway Berbasis Construct 2 pada Siswa Kelas XI IIS 2 SMAN 1 Giri Banyuwangi. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Joko Sayono, M.Pd., M.Hum (II) Dr. Ari Sapto, M.Hum Kata Kunci: Media Pembelajaran, Construct 2, Defend The Midway, Perang Dunia. Penggunaan media dalam suatu proses belajar mangajar bertujuan agar proses belajar mengajar bisa berlangsung secara tepat guna, sehingga diharapkan mutu pendidikan akan meningkat. Media adalah semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan ide, sehingga ide, pendapat atau gagasan yang dikemukakan atau disampaikan itu dapat sampai pada penerima. Berdasarkan angket kebutuhan siswa kelas XI IIS 2 SMAN 1 Giri yang menyebutkan bahwa 31 (97%) merasa perlu ada sebuah media interaktif yang efektif dalam mendukung belajar sejarah di kelas dengan 25 (78%) diantaranya menginginkan media pembelajaran game sejarah berbasis android. Mengembangkan game Defend The Midway diperlukan agar pembelajaran sejarah di kelas efektif dengan 97% siswa menginginkan adanya game tersebut. Harapan dari pengembangan dan penggunaan game Defend The Midway ini adalah peserta didik dalam pembelajaran sejarah akan jadi lebih efektif, menarik dan interaktif karena game ini melibatkan siswa secara langsung untuk memainkannya. Defend The Midway bukan sekedar permainan, namun juga terdapat materi dan evaluasi dalam game ini. Penelitian dan pengembangan ini ditujukan untuk menghasilkan dan menguji efektifitas media pembelajaran sejarah Defend The Midway berbasis Construct 2 materi Perang Dunia Kedua untuk siswa kelas XI IIS 2 SMAN 1 Giri Banyuwangi. Metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian dan pengembangan Borg Gall, yaitu, (1) Penelitian dan pengumpulan data, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draf produk, (4) Uji coba lapangan awal, (5) Merevisi hasil uji coba, (6) Uji coba lapangan, (7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) Uji pelaksanaan lapangan, (9) Penyempurnaan produk akhir, (10) Diseminasi dan implementasi Hasil dari pengembangan media pembelajaran sejarah Defend The Midway, antara lain: (1) berisi materi Perang Midway sesuai dengan KD 3.6, (2) terdapat game tembak-menembak dengan misi khusus, (3) terdapat materi yang unlockable, (4) terdapat soal evaluasi berbentuk kuis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media pembelajaran yang dikembangkan dari ahli materi mendapatkan nilai persentase sebesar 98,07%, sedangkan dari ahli media mendapat persentase sebesar 93,75%. Hasil uji coba kelompok kecil melibatkan 7 peserta didik memperoleh persentase sebesar 84,6%. Sedangkan hasil uji coba kelompok besar dengan melibatkan 30 peserta didik memperoleh persentase sebesar 90,89%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Defend The Midway efektif digunakan sebagai media pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90578

Actions (login required)

View Item View Item