Pengembangan media pembelajaran Rambo S untuk pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Anung Jati Nugraha Mukti

Mukti, Anung Jati Nugraha (2020) Pengembangan media pembelajaran Rambo S untuk pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Anung Jati Nugraha Mukti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mukti, AnungJatiNugraha. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Rambo S untukPembelajaranSejarahSiswaKelas XI IPS 1 di SMAN 1 BoyolanguKabupatenTulungagung. Skripsi, JurusanSejarah, FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ari Sapto, M.Hum. (II) Ronal Ridhoi, S.Hum, M.A Kata Kunci :Media pembelajaran, Rambo S, BatalyonSikatan Sejarah Indonesia merupakan mata pelajaran yang menanamkan pengetahuan dan nilai mengenai proses perubahan dan perkembangan masyarakat Indonesia dan dunia pada masa lampau hingga kini. Kenyatannya dalam pembelajaran siswa malah terlihat tidak fokus. Maka diperlukan inovasi dalam pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran adalah solusi bagi mata pelajaran sejarah saat ini, karena perkembangan teknologi yang sangat pesat salah satunya pada smartphoneandroid. Maka media pembelajaran berbasis androiddapat dijadikan solusi bagi permasalahan tersebut. Selain itu siswa belum begitu mengetahui peristiwa sejarah rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia melawan Sekutu dan Belanda, padahal peristiwa itu terjadi di lingkungan sekitar siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran berbasis androidyang menyajikan materi tentang Perjuangan Batalyon Sikatan dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia 1948-1949. Media pembelajaran ini diberikan nama Sejarah Militer Batalyon Sikatan (Rambo S). Pemakaian nama ini bertujuan agar lebih mudah dikenali oleh pengguna dengan singkatan yang familiar. Media pembelajaran Rambo S telah disesuaikan berdasarkan KD 3.10 yaitu menganalisis strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda dengan harapan dapat menunjang pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan versi Sugiyono dengan modifikasi, yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk uji coba, uji coba pemakaian, produk. Hasil penelitian menunjukkan dari proses validasi materi didapatkan prosentase validitas sebesar 95%, dari proses validasi ahli media didapatkan prosentase validitas 96%. Dari hasil uji coba pemakaian kelompok kecil didapatkan hasil efektifitas produk dengan prosentase 92% dengan jumlah 8 siswa sedangkan pada uji coba pemakaian kelompok besar sebesar 93% dengan jumlah 28 siswa. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran Rambo S ini sangat valid dan sangat efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90577

Actions (login required)

View Item View Item