Pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Acquire, Search out, Trigger, Exhibit and Reflect (MASTER) terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada matapelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS SMAN 1 Batu / Dina Ilmiati Rizqiyah

Rizqiyah, Dina Ilmiati (2020) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Acquire, Search out, Trigger, Exhibit and Reflect (MASTER) terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada matapelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS SMAN 1 Batu / Dina Ilmiati Rizqiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rizqiyah, Dina Ilmiati. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mind, Acquire, Search Out, Trigger, Exhibit, Reflect (MASTER) terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik pada Matapelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI IPS SMAN 1 Batu. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Joko Sayono, M.Pd, M.Hum (II) Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Model Pembelajaran MASTER, Berpikir Analitis Salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang sebaiknya dimiliki peserta didik adalah kemampuan berpikir analitis. Berpikir analisis penting dalam proses pembelajaran, karena peserta didik dapat bersikap rasional dan dapat memperoleh informasi utuh serta runtut. Tetapi kemampuan berpikir analitis kurang dikembangkan di sekolah. Salah satunya terlihat dari kemampuan berpikir analitis peserta didik di SMAN 1 Batu yang masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik dalam pembelajaran sejarah adalah model pembelajaran Mind, Acquire, Search Out, Trigger, Exhibit, Reflect (MASTER). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan berpikir analitis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran MASTER dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Batu. 2) Pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Pre-experiment dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Batu dengan sampel kelas XI IPS 3 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal subjektif (esai). Hasil penelitian ini akan diuji dengan uji-t untuk melihat ada tidaknya pengaruh dan uji regresi linier sederhana untuk menghitung besarnya pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan berpikir analitis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran MASTER mengalami peningkatan sebesar 36%. 2) Hasil analisis regresi menunjukkan nilai thitung sebesar 2,947 dan ttabel sebesar 1,70562. Berdasarkan nilai tersebut dapat diketahui bahwa thitung > ttabel dengan taraf signifikansi 5%. Oleh karena itu disimpulkan H1 diterima, yakni model pembelajaran MASTER berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Batu. Besar pengaruh yang terjadi adalah 27%. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat dikemukakan adalah: 1) Guru dapat menggunakan model pembelajaran MASTER dalam pembelajaran sejarah dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik. 2) Bagi peneliti selanjutnya dapat menguji model pembelajaran MASTER terhadap variabel lain dengan lokasi dan materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90576

Actions (login required)

View Item View Item