Pengembangan media diorama peristiwa Bandung Lautan api sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas X MM 1 SMKN 11 Malang / Leni Hayuning Tias

Tias, Leni Hayuning (2020) Pengembangan media diorama peristiwa Bandung Lautan api sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas X MM 1 SMKN 11 Malang / Leni Hayuning Tias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Tias, H.L.2019.Pengembangan Media Diorama peristiwa Bandung Lautan Api Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Kelas X MM 1 Smkn 11 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd., (2) Dr. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum ., Kata Kunci:Bandung, diorama, pembelajaran Sejalan dengan adanya proses belajar, pasti ada materi yang perlu dipelajari, dalam hal ini materi tersebut merupakan materi pada matapelajaran sejarah.Sejarah merupakan matapelajaran yang mengkaji peristiwa-peristiwa di masa lalu dan memerlukan imajinasi yang tinggi dalam menggambarkan peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi, sehingga pemahaman siswa akan kurang maksimal apa bila peristiwa dalam materi sejarah tidak disampaikan secara tepat. Kurangnya ketertarikan siswa dalam mempelajari pelajaran sejarah, hal ini terjadi karena banyak siswa yang menganggap pelajaran sejarah merupakan pelajaran yang kurang penting bagi mereka dibandingkan dengan pelajaran produktif mereka. Selain itu karena kurangnya media pembelajaran yang inovatif dari guru. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu Untuk menghasilkan produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran diorama Peristiwa Bandung Lautan Api untuk siswa kelas X SMKN 11 Malang Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah milik Sugiyono. Terdapat beberapa komponen yang digunakan oleh peneliti,yaitu(1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba produk, (9) produkakhir. Hasil dari pengembangan media pembelajaran ini yaitu diorama Peristiwa Bandung LautanApi pada materi kelas X SMKN 11 Malang. Diharapkan dengan dikembangkannya produk ini dapat membantu segala masalah pembelajaran yang ada di SMKN 11 Malang. Data yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini yaitu data kualiatif dan data kuantitatif. Setelah dilakukan serangakaian validasi oleh para ahli materi dan media didapatkan hasil 89% dan 86% dan dapat di kategorikan sangat valid, sehingga dapat digunakan dalam uji coba. Pada uji coba kelompok kecil, diperoleh hasil 90% dan uji coba kelompok besar diperoleh hasil 91%, dan di kategorikansangat valid. Meskipun kenaikan hanya 1% tapi hal tersebut menunjukan bahwa siswa tertarik dengan media baru berupa diorama dalam proses pembelajarannya. Maka produk diorama Peristiwa Bandung Lautan Api dikategorikan sangat valid sehingga efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas X khususnya SMKN 11 Malang.Produk pengembangan Media Pembelajaran dioramaPeristiwa Bandung Lautan Api ini diharapkandapat menjadi salahsatu literatur penunjang dalam pembelajaran sejarah dan menambah wawasan siswa, baik untuk siswa kelas X SMKN 11 Malang maupun seluruh siswa di kota Malang dari semua kalangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90575

Actions (login required)

View Item View Item