Penerapan model pembelajaran active debate pada mata pelajaran sejarah Indonesia untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X Tata Niaga SMK PGRI Turen Kabupaten Malang / Ferian Erlangga

Erlangga, Ferian (2020) Penerapan model pembelajaran active debate pada mata pelajaran sejarah Indonesia untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X Tata Niaga SMK PGRI Turen Kabupaten Malang / Ferian Erlangga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Erlangga, Ferian. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Active Debate Pada Matapelajaran Sejarah Indonesia Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Tata Niaga SMK PGRI Turen Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum, (2) Indah Wahyu Puji Utami, S.Hum, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran active debate, keaktifan belajar siswa, matapelajaran sejarah Di era modern ini, para pendidik jarang menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan pembelajaran, sehingga mengakibatkan menurunnya antusias siswa dalam belajar terlebih pada mata pelajaran sejarah. Model pembelajaran sejarah yang sering ditemui masih bersifat konvensional, seperti halnya ceramah. Selain masalah tersebut, pembelajaran sejarah di kelas masih bersifat teaching oriented, yang mengakibatkan kurangnya keaktifan belajar sejarah siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Niaga SMK PGRI Turen Kabupaten Malang. Berdasarkan observasi dan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran sejarah, siswa kelas X Tata Niaga merupakan kelas yang memiliki permasalahan terkait kurangnya keaktifan belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran sejarah. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah inovasi dalam kegiatan pembelajaran sejarah. Salah satu hal untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa adalah model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar yang aktif. Inovasi tersebut adalah model pembelajaran Active Debate. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran Active Debate untuk siswa kelas X Tata Niaga SMK PGRI Turen Kabupaten Malang. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X Tata Niaga. Desain model yang digunakan peneliti adalah desain model Arikunto, yaitu (1) tahap perencanaan (planning), (2) tahap tindakan (action), (3) tahap observasi (observation), dan (4) tahap refleksi (refletion). Terdapat 4 aspek penilaian dalam penelitian ini, yaitu aspek memberikan pertanyaan, aspek memberikan jawaban, aspek memberikan argumen, dan aspek melakukan pencatatan. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi keaktifan belajar siswa dan lembar keterlaksanaan model pembelajaran Active Debate. Analisis data yang digunakan adalah dengan metode scoring dan percenting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas X Tata Niaga pada mata pelajaran sejarah setelah dilakukan tindakan. Sebelum tindakan, rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 15,9%. Setelah diberi tindakan pada siklus 1, menjadi 54%. Pada siklus 2, rata-rata keaktifan belajar siswa naik menjadi 80,8%. Keterlaksanaan model pembelajaran Active Debate meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari 86,4% menjadi 100%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Active Debate dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90573

Actions (login required)

View Item View Item