Pengaruh penggunaan model kooperarif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah peminatan kelas X IIS 1 MA Bilingual Batu / Juli Kithin Shofiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model kooperarif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah peminatan kelas X IIS 1 MA Bilingual Batu / Juli Kithin Shofiyanti

Shofiyanti, Juli Kithin (2019) Pengaruh penggunaan model kooperarif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah peminatan kelas X IIS 1 MA Bilingual Batu / Juli Kithin Shofiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Shofiyanti Juli Kithin. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Kelas XII 1 dan X IIS 2 MA Bilingual Batu. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dewa Agung Gede Agung. M.Hum. dan pembibing (2) Dr Ari Sapto. M.Hum. Kata Kunci Pembelajaran Sejarah Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang berada di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 66 pada matapelajaran Sejarah Peminatan. Proses pembelajaran merupakan cerminan dari hasil belajar. Guru harus melakukan pembaharuan-pembaharuan dalam proses pembelajaran. Peneliti akan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat membuat hasil belajar siswa meningkat dengan pembelajaran yang menyenangkan dan berbobot siswa lebih mudah untuk memahami materi dan hasil belajar akan meningkat. Selain itu pengetahuan sejarah siswa dapat berkembang tidak terpaku informasi dari guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Memaparkan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran Sejarah Peminatan kelas X IIS 1 di MA Bilingual Batu. 2) Memaparkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran Sejarah peminatan terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS 1 di MA Bilingual Batu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif mengunakan True Ekperimental Design dengan bentuk pretest dan posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Bilingual Batu dengan mengambil sampel meggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang akan digunakan terlebih dahulu diuji cobakan kepada siswa untuk dilakukan uji validitas realibilitas tingkat kesukaran dan daya beda butir soal. Untuk sumber data penelitian ini didapatkan dari hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. sumber tersebut kemudian dianalisis dengan uji prasyarat analisis yakni uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan uji independen sample. Hasil penelitian ini menunjukan kemampuan hasil belajar kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick lebih rendah dari pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick yang mengalami peningkatan signifikan sebesar 3%. Hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick mengalami peningkatan sebesar 20 6%. Model kooperatif tipe talking stick memberi pengaruh terhadap hasil belajar mata peajaran peminatan di kelas X IIS MA Bilingual Batu. Berdasarkan hasil penelitan ini saran yang dapat dikemukakan adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam pelajaran sejarah peminatan untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90572

Actions (login required)

View Item View Item