Pengembangan e-modul tentang perjuangan kemerdekaan di Malang untuk pembelajaran sejarah siswa kelas X Boga di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Muhammad Haris Akbar

Akbar, Muhammad Haris (2019) Pengembangan e-modul tentang perjuangan kemerdekaan di Malang untuk pembelajaran sejarah siswa kelas X Boga di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Muhammad Haris Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Akbar, Muhammad Haris. 2019. Pengembangan E-Modul Tentang Perjuangan Kemerdekaan Di Malang Untuk Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X Boga Di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ari Sapto, M.Hum & Dra. Yuliati, M.Hum. Kata Kunci: media pembelajaran, e-modul, pembelajaran sejarah. Penelitian dan pengembangan ini didasari oleh terbatasnya sumber belajar pada mata pelajaran sejarah. Hal tersebut dibuktikan ketika di lapangan menunjukkan bahwa minimnya inovasi dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran sejarah e-modul ini merupakan suatu hasil dari pengembangan yang berdasarkan dari potensi masalah yang ada sehingga dikembangkanlah media pembelajaran tersebut. Dengan adanya media pembelajaran e-modul ini diharapkan dapat membantu siswa dalam proses belajar mengajar. E-modul ini juga dilengkapi dengan gambar atau foto, dan terdapat pula konten didalamnya sebagai unsur pendukung suatu materi, serta dilengkapi dengan latihan-latihan soal bagi siswa. Materi yang digunakan ialah Perjuangan Kemerdekaan di Malang, berdasarkan KD 3.8 strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan suatu produk pengembangan berupa media pembelajaran e-modul tentang materi sejarah Perjuangan Kemerdekaan di Malang. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran e-modul ini sudah melalui tahapan validasi dan juga uji coba pemakaian guna mengetahui kevalidan dari produk yang dihasilkan. Penelitian dan pengembangan ini dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan milik Sugiyono yang terdiri atas 10 tahapan, yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, dan 10) produksi massal. Metode penelitian dan pengembangan ini berdasarkan hasil dari observasi awal, dan wawancara yang dilakukan dengan guru dan siswa mengenai proses pembelajaran sejarah di sekolah tersebut dan telah melalui tahap validasi ahli serta uji validasi produk. Hasil dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran e-modul, dari validasi ahli materi mendapatkan presentase sebesar 92%, sedangkan validasi ahli media mendapatkan presentase sebesar 97%. Validasi dilakukan oleh para ahli yang sesuai dengan bidangnya. Tahap uji validasi produk dilakukan pada siswa kelas X Boga di SMK Muhammadiyah 3 Singosari melalui dua tahapan. Tahap pertama, uji coba produk kelompok kecil mendapatkan presentase sebesar 88,9%, sedangkan pada tahap kedua yakni, uji coba pemakaian kelompok besar mendapatkan presentase sebesar 89,2%. Dari hasil validasi dan uji coba produk menunjukkan bahwa media pembelajaran e-modul masuk dalam kriteria sangat valid atau sangat baik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90571

Actions (login required)

View Item View Item