Zaelani, Achmad (2018) Pengaruh Media Maket Binatang Terhadap Pengenalan Hewan Pada Anak Autis di SDLB Al-Ikhsan Bagor Kab. Nganjuk / Achmad Zaelani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zaelani Achmad. 2018. Pengaruh Media Maket Binatang Terhadap Pengenalan Hewan Pada Anak Autis di SDLB Al-Ikhsan Bagor Kab. Nganjuk. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Dr. Sulthoni M.Pd Kata Kunci Media Maket Binatang Pengenalan Hewan Autis Dalam Proses pembelajaran penggunaan media pembelajaran agar materi pelajaran yang disampaikan guru dapat lebih mudah diterima dan dipahami oleh siswa sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara tepat guna. Komunikasi dan interaksi antara guru dan murid dapat berlangsung secara efektif dan efesien. Seharusnya dalam pembelajaraan anak berkebutuhaan khusus autis menggunangakan media yang konkret dengan menggunakan benda konkret pembelajraan menjadi menyenangkan membantu ingatan siswa terhadap pembelajaraan yang menggunakan media sebagai bermain. Tujuan Penelitian (1) Mendeskripsikan kemampuan pengenalan hewan siswa autis ssebelum menggunakan media maket pada saat pembelajaran di SDLB Al-Ikhsan bagor kabupaten Nganjuk. (2) Mendeskripsikan kemampuan pengenalan hewan siswa autis saat menggunakan media maket dalam proses pembelajaran SDLB AL-Ikhsan Bagor kabupaten Nganjuk. (3) Mendeskripskan pengaruh media maket binatang terhadap peningkatan pengenalan hewan autis kelas 3 SDLB Al-Ikhsan Bagor kabupaten Nganjuk Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah One-Group Pretest-Posttest Design. Dalam desain penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok dan tidak memerlukan kelompok control. Dalam pelaksanaannya sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu pre-test (tes awal) dan di akhir pembelajaran subyek diberikan posttest (tes akhir). Hasil yang didapat dari peneilitian ini Thitung diperoleh 13 dan Ttabel diperoleh 1 jadi Thitung Ttabel 945 0 05 atau (13 1) maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh kemampuan berhitung antara sebelum dan sesudah menggunakan media maket binatang sehingga dapat disimpulkan media maket binatang berpengaruh terhadap kemampuan berhitung siswa autis di SDLB Al-Ikhsan Bagor Kab. Nganjuk. Saran dalam penelitian ini ditujukan (1) Guru diharapkan menerapkan media maket binatang dalam pembelajarannya supaya target pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai (2) Sekolah disarankan untuk menyediakan media yang menarik siswa agar siswa tidak bosan dan monoton dalam proses pembelajaran (3) Peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan media maket binatang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9056 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |