Pengaruh pembelajaran seni clay tepung terhadap kemampuan motorik halus dalam menulis permulaan anak cerebral palsy di TK Khadijah 179 Temuasri Kab. Banyuwangi / Diah Ayu Puspita Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran seni clay tepung terhadap kemampuan motorik halus dalam menulis permulaan anak cerebral palsy di TK Khadijah 179 Temuasri Kab. Banyuwangi / Diah Ayu Puspita Ningrum

Ningrum, Diah Ayu Puspita (2018) Pengaruh pembelajaran seni clay tepung terhadap kemampuan motorik halus dalam menulis permulaan anak cerebral palsy di TK Khadijah 179 Temuasri Kab. Banyuwangi / Diah Ayu Puspita Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningrum Diah Ayu Puspita. 2018. Pengaruh Pembelajaran Seni Clay Tepung Terhadap Motorik Halus Dalam Menulis Permulaan Peserta Didik Cerebal Palsy TK Khadijah 179 Temuasri Kab. Banyuwangi. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M. Pd (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. Kata kunci cerebral palsy motorik halus menulis permulaan pembelajaran seni clay tepung Kurangnya kreatifitas pembelajaran serta media merupakan factor penyebap rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengembangkan kemampuan yang dapat dikembangkan pada usia dini. Salah satunya adalah peserta didik cerebral palsy spatic yang memiliki kesulitan dalam belajar menulis. dalam kegiatan menulis memerlukan kinerja motorik halus apabila kemampuan motorik halus peserta didik rendah itu disebapkan karena kurangnya latihan dalam mengembangkan kemampuan motorik halus. Salah satu media dan pembelajaran yang dapat melatih kemampuan motorik halus salah satunya dengan pembelajaran seni clay tepung. Tujuan pada penelitian ini dianataranya untuk mendiskripsikan kemampuan motorik halus dalam menulis penulis permulaan pada peserta didik sebelum diberikannya intervensi atau perlakuan. Selanjutnya mendiskripsikan kemampuan motorik halus dalam menulis permulaan peserta didik saat diberikan sebuat intervensi sebuah pembelajaran seni clay tepung. Kemudian mendiskripsikan pengaruh kegiatan pembelajaran seni clay tepung terhadap kemampuan motorik halu dalam menulis permulaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan single subjek reseach (SSR) dengan metode desain A-B-A. subjek penelitian menggunakan satu peserta didik dengan hambatan cerebral palsy spatic yang memilki usia 6 tahun di TK Khadijah Temuasri Kab. Banyuwangi. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisi antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan mean level meningkat dan baseline-1 sebesar 60 4% sedangkan mean level pada kondisi intervensi sebesar 92 57% dan baseline-2 sebesar 80% Selain itu presentasi overlap anatara kondisi baseline-1 ke kondisi intervensi sebesar 0% yang mana menunjukkan pengaruh antar pembelajaran terhadap subjek. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran seni clay tepung berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus dalam menulis permulaan peserta didik. Adapun saran bagi guru dari peneliti ini adalah guru dapat memanfaatkan media serta kegiatan pebelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Serta dapat menerapakan pembelajaran seni clay tepung ini secara rutin agar kemampuan subjek terus meningkat tidak turun atau menetap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9055

Actions (login required)

View Item View Item