Implementasi manajemen penyelenggaraan program terapi autis di SDLB Al-Ikhsan Bagor Kab. Nganjuk / Fais Rufia Qur'ani - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi manajemen penyelenggaraan program terapi autis di SDLB Al-Ikhsan Bagor Kab. Nganjuk / Fais Rufia Qur'ani

Qur'ani, Fais Rufia (2018) Implementasi manajemen penyelenggaraan program terapi autis di SDLB Al-Ikhsan Bagor Kab. Nganjuk / Fais Rufia Qur'ani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rufia Fais Qur ani. 2018. Implementasi Manajemen Penyelenggaraan Program Terapi Autis di SDLB Al-Ikhsan Bagor Kab. Nganjuk. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn Kata Kunci manajemen penyelenggaraan program terapi autis SLB SDLB Al-Ikhsan Bagor salah satu lembaga pendidikan yang telah menerapkan terapi autis. Menurut opini yang berkembang di masyarakat dari awal berdirinya sekolah luar biasa ini sudah banyak mengalami perubahan dan pembenahan yang signifikan seperti sudah melaksanakan program terapi autis. Bahkan sekolah ini sudah dapat mengadakan kelas terapi bagi anak penyandang autis yang pada dasarnya menjadi sekolah luar biasa pertama di Kabupaten Nganjuk. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan perencanaan dalam penyelenggaraan terapi autis di 1) SDLB Al-Ikhsan Bagor 2) Mendeskripsikan pengorganisasian dalam penyelenggaraan terapi autis di SDLB Al-Ikhsan Bagor 3) Mendeskripsikan pelaksanaan dalam penyelenggaraan terapi autis di SDLB Al-Ikhsan Bagor 4) Mendeskripsikan evaluasi dalam penyelenggaraan terapi autis di SDLB Al-Ikhsan Bagor Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian kualitatif tidak hanya berdasarkan variabel penelitian tetapi seluruh situasi sosial yang diteliti meliputi aspek tempat (place) pelaku (actor) dan aktivitas (activity) yang berinteraksi secara sinergis. Kehadiran peneliti merupakan instrumen kunci dalam penelitian kualitatif.. Hasil pengumpulan analisis dan pengecekan keabsahan data yang telah dilakukan peneliti menunjukan bahwa 1. Perencanaan program terapi autis berawal dari ide kepala sekolah dan sebagian wali murid SDLB Al-Ikhsan Bagor. Selain itu kepala sekolah dan guru mempelajari tentang berbagai macam terapi autis. 2. Pelaksanaan program terapi autis di SDLB Al-Ikhsan Bagor dilaksanakan setiap empat hari dalam seminggu dan jenis program terapi yang diterapkan adalah terapi okupasi. 3. Pengorganisasian penyelenggaraan terapi autis dilakukan melalui pembentukan tim pengelola pelatihan guru penyusunan program terapi dan penyusunan jadwal terapi. 4. Evaluasi program terapi autis dilaksanakan bersamaan dengan evaluasi akhir semester yang diadakan setiap akhir semester tetapi ketika tim pengelola menemui kendala maka akan segera dikonsultasikan dengan kepala sekolah untuk mendapatkan solusi. Aspek evaluasi meliputi program tahunan program semester program pembelajaran dan program sekolah seperti ekstrakulikuler dan program terapi. Saran dalam penelitian ini ditujukan (1) Kepala sekolah untuk selalu mengupayakan pemecahan masalah yang terjadi dengan baik (2) Terapis untuk selalu mengupayakan memberikan pelayanan terbaik dalam terapi (3) Peneliti lain dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian yang serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9054

Actions (login required)

View Item View Item