Pengaruh syllabic method terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB Negeri Sukorejo Kota Blitar / Mira Ferola Herdianingsih

Herdianingsih, Mira Ferola (2018) Pengaruh syllabic method terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB Negeri Sukorejo Kota Blitar / Mira Ferola Herdianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Herdianingsih Mira Ferola. 2017. Pengaruh Syllabic Method Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita Ringan Kelas III Di SDLB Negeri Sukorejo Kota Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) Pramono S.Pd M.Or. Kata Kunci Syllabic Method Kemampuan Membaca Permulaan Tunagrahita Ringan. Tunagrahita ialah istilah untuk anak dengan kemampuan perkembangan intelegensi yang terlambat. Anak tunagrahita memiliki IQ di bawah rata-rata berkisar 50-70 sehingga membutuhkan layanan dan bimbingan secara khusus dalam proses pembelajarannya. Membaca permulaan merupakan salah satu aspek penting dari empat ketrampilan membaca meliputi ketrampilan mendengar berbicara membaca permulaan dan menulis. Membaca permulaan sangat diperlukan untuk pembelajaran pada anak tunagrahita. Pembelajaran membaca permulaan pada anak tunagrahita dimulai dengan pengenalan huruf vocal dan konsonan sebagai tahapan awal untuk belajar membaca. Diperlukan metode yang tepat untuk membaca permulaan anak tunagrahita ringan serta penerapan membaca permulaan pada anak tunagrahita sebagai latihan pertama dalam menguasai kebahasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh syllabic method terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB Negeri Sukorejo Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test - post test. Penelitian ini terdiri dari 5 orang siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB Negeri Sukorejo Kota Blitar sebagai subyek penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa 4 soal tes kinerja (membaca huruf vokal dan konsonan membaca kata berpola KV-KV membaca kalimat sederhana) dan 2 soal tes tulis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon. Data yang di analisis menggunakan uji Wilcoxon adalah data hasil pre-test dan post test. Hasil perhitungan melalui uji Wilcoxon dengan n 5 pada taraf signifikan 0 05 diperoleh 1 maka diterima dan ditolak karena (0) 8804 (1) artinya hipotesis yang diajukan diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Syllabic Method memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB Negeri Sukorejo Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9053

Actions (login required)

View Item View Item