Fatma, Kurnialaili Eka (2018) Dampak latihan kecakapan hidup terhadap kecakapan vokasional di Komunitas Pelangi Nusantara Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Kurnialaili Eka Fatma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Fatma Kurnialaili Eka. 2018. Dampak Pelatihan Kecakapan Hidup Terhadap Kecakapan Vokasional di Komunitas Pelangi Nusantara. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Endang Sri Redjeki M.S Pembimbing (II) Drs. M Ishom M.Pd Kata Kunci Dampak Pelatihan Pelatihan Kecakapan Hidup Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM sangat beragam. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan menjangkau semua jalur pendidikan baik pendidikan formal informal dan nonformal. Pendidikan nonformal dimaksudkan untuk melayani berbagai kebutuhan masyarakat yang tidak dapat memperoleh kesempatan belajar di pendidikan formal. Komunitas Pelangi Nusantara salah satu penyelenggara pendidikan nonformal yang berfokus pada pemberdayaan dan pelatihan dengan tujuan agar peserta memiliki berbagai kecakapan dan dapat mandiri. Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini yaitu dampak pelatihan kecakapan hidup terhadap kecakapan vokasional di Komunitas Pelangi Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di Komunitas Pelangi Nusantara. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan bahwa pelatihan yang diselenggarakan oleh Komunitas Pelangi Nusantara berdampak pada kecakapan vokasional. Dampak kecakapan vokasional yang diperoleh dikelompokkan menjadi lima yaitu (1) Terciptanya tenaga kerja terampil latihan secara berulang-ulang dan mengaplikasikan materi yang diperoleh secara terus menerus menghasilkan peserta yang terampil membuat produk (2) Motivasi berwirausaha peserta memiliki dorongan yang kuat untuk terus berkembang dan membuka usaha untuk meningkatkan kesejahteraan dan memaksimalkan hasil yang telah diperoleh dari pelatihan (3) Pemilihan bidang pekerjaan meliputi keputusan seorang peserta pelatihan yang memilih untuk menekuni bidang pekerjaan dan memilih bidang pekerjaan yang diminati (4) Menghasilkan barang dan jasa peserta pelatihan dapat menghasilkan berbagai macam produk dan memberikan layanan kepada orang lain dan (5) Peningkatan pendapatan ekonomi peserta mendapatkan penghasilan yang lumayan besar dari setiap produknya dan pendapatan ekonomi tersebut tidak hanya dari produk tetapi dari jasa yang telah diberikan. Saran dalam penelitian ini yaitu bagi pihak penyelenggara dapat mempertahankan kegiatan pelatihan kecakapan hidup dan terus memberikan pelatihan ke kelompok-kelompok terus memberikan pendampingan dan motivasi kepada kelompok untuk mengembangkan keterampilan yang telah dimiliki agar nantinya semakin banyak yang dapat membuka usaha secara mandiri. Bagi kelompok sasaran program untuk lebih berperan aktif dan terus melakukan pengembangan diri dari hasil pelatihan yang telah diperoleh. Kelompok sasaran program harus mampu memanfaatkan kemampuan (ketrampilan dan pengetahuan) yang dimiliki dengan mempraktekkan ketrampilan dan pengetahuan yang dimiliki untuk dirinya sendiri atau bahkan melakukan kegiatan usaha sehingga mampu memperoleh kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya dan taraf hidup meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9050 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |