Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

Arifin, Imron (2019) Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Working Paper. Universitas Negeri Malang, Kota Malang.

[img] Text
pidato-gubes-imron-arifin.pdf

Download (8MB)

Abstract

Revolusi Industri 4.0. satu sisi meningkatkan pemanfaatan data dan teknologi untuk kemudahan kehidupan manusia, namun di sisi lain, menjadi ancaman bagi sebagian besar manusia dalam bidang pekerjaan dan ketidakberdayaan menghadapi tantangan penggunaan data dan teknologi, termasuk di bidang pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang diberikan pada peserta didik, mereka dipersiapkan menjadi sosok yang mandiri yang mampu mengembangkan dirinya secara optimal, manusia seutuhnya dimana raga dan jiwanya tetap mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Peserta didik tidak hanya berpusar pada transfer of knowledge tetapi juga diorientasikan pada tarnsfer of attitude, yakni selain transfer ilmu pengetahuan juga pengembangan karakter, ditumbuhkan kemampuan dalam menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi, semangat belajar, meningkatkan kreativitas dalam dirinya, dan memilki motivasi yang tinggi untuk mengembangkan diri (Mulyasa, 2012). Ki Hajar Dewantara (2013) menyebut pendidikan sebagai menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Makna pendidikan yang disampaikan Ki Hajar Dewantara (2013) pada tahun 1936 ini dapat dipahami bahwa tujuan pendidikan itu “memberdayakan potensi diri anak berbasis ilmu pengetahuan dan keagamaan” agar anak menjadi “manusia dan masyarakat” yang selamat dan bahagia hidupnya. Landasan keagamaan yang bertujuan untuk mencapai “keselamatan dan kebahagiaan duniaakhirat” (Arifin, 2019d). Dengan kata lain, Ki Hajar memaknai pendidikan dari sisi epistemologis, humanis, sosiologis, dan religius.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pidato Guru Besar
Depositing User: Library UM
Date Deposited: 01 Nov 2019 01:49
Last Modified: 01 Nov 2019 01:49
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/905

Actions (login required)

View Item View Item