Ramadani, Alifiah Nur (2018) Motivasi belajar peserta didik pada pelatihan tari tradisional di Padepokan Asmoro Bangun Karangpandan Pakisaji Kabupaten Malang / Alifiah Nur Ramadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
iv RINGKASAN Ramadani Alifiah nur. 2018. Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pelatihan Tari Tradisional di Padepokan Asmoro Bangun Karang Pandan Pakisaji Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ach. Rasyad M.Pd (2) Drs. Imam Hambali M.Pd. Kata Kunci Motivasi Belajar Peserta Didik Pelatihan Tari Tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik pada pelatihan tari tradisional di Pedepokan Asmoro Bangun. Motivasi belajar peserta didik meliputi motivasi belajar intrinsik atau yang berasal dari dalam diri peserta didik dan motivasi belajar ekstrinsik atau yang berasal dari luar diri peserta didik. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik pelatihan tari tradisional yang berjumlah 20 orang. pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan mengambil seluruh jumlah populasi untuk dijadikan sampel. Penelitian yang dilakukan dengan jenis pendekatan kuantitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert dengan menggunakan angket tertutup. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian motivasi belajar peserta didik pada pelatihan tari tradisional di Padepokan Asmoro Bangun sebagai berikut Motivasi belajar peserta didik pada pelatihan tari tradisional dapat dikategorikan tinggi atau dengan hasil presentase sebanyak 75 85%. motivasi belajar intrinsik terdiri dari (1) bakat pada motivasi belajar peserta didik dikategorikan tinggi atau dapat dipersentasekan sebanyak 80% (2) keinginan pada motivasi belajar peserta didik dikategorikan tinggi atau dapat dipersentasekan sebanyak 79 69% (3) harapan pada motivasi belajar peserta didik dikategorikan tinggi atau dapat dipersentasekan sebanyak 80 62%. Motivasi belajar ekstrinsik terdiri dari (1) pengaruh masyarakat sekitar pada motivasi belajar peserta didik dikategorikan sedang atau dapat dipersentasekan sebanyak 68 12% (2) pengaruh orang tua pada motivasi belajar peserta didik dikategorikan sedang atau dapat dipersentasekan sebanyak 67 5% (3) pengaruh teman sebaya pada motivasi belajar peserta didik dikategorikan sedang atau dapat dipersentasekan sebanyak 65 5% (4) keadaan sarana dan prasarana pada motivasi belajar peserta didik dikategorikan tinggi atau dapat dipersentasekan sebanyak 83%. Motivasi intrinsik peserta didik pada pelatihan tari tradisional di padepokan Asmoro Bangun dikategorikan tinggi atau dapat dipersentasekan sebanyak 80 1%. Motivasi ekstrinsik peserta didik pada pelatihan tari tradisional di padepokan Asmoro Bangun dikategorikan sedang atau dapat dipersentasekan sebanyak 71 61%. Motivasi belajar intrinsik tinggi atau lebih berpengaruh dibandingankan dengan motivasi belajar ekstrisik. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan (1) penelitian ini bisa digunakan pihak penggurus Padepokan Asmoro Bangun sebagai bahan informasi dan bahan pertimbangan yang berkaitan dengan mengembangan motivasi belajar peserta didik. Pihak padepokan juga disarankan lebih melakukan promosi terkait kegiatan pada masayrakat sekitar. Pihak padepokan juga diharapkan bisa bekerja sama dengan orang tua peseta didik untuk bisa mengembangkan motivasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9049 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |