Pengaruh finger painting terhadap keterampilan motorik halus anak tunagrahita sedang kelas V di SDLB Kemala Bhayangkari Trenggalek / Anisa Kurniawati

Kurniawati, Anisa (2018) Pengaruh finger painting terhadap keterampilan motorik halus anak tunagrahita sedang kelas V di SDLB Kemala Bhayangkari Trenggalek / Anisa Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati,Anisa. 2018. Pengaruh Finger Painting Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Tunagrahita Kelas 5 Di SDLB Kemala Bhayangkari Trenggalek, Skripsi, Jurusan, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, S.Pd, M.Pd. (II) Dr. Henry Praherdiono, S.Si, M.Pd Kata Kunci : Finger Painting, Motorik Halus, Tunagrahita Keterampilan motorik halus memiliki peranan penting bagi kehidupan anak sehingga harus stimulai dan dikembangkan secara optimal, salah satunya dengan kegiatan finger painting. Finger painting adalah melukis langsung menggunakan jari tanpa bantuan alat ataupun kuas dengan cara menggoreskan bubur pewarna yang terbuat dari bahan aman untuk anak diatas kertas kosong sesuai dengan kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kondisi siswa tunagrahita sebelum diberikan perlakuan (treatment), kondisi siswa tunagrahita setelah diberikan perlakuan (treatment) dan pengaruh finger painting terhadap keterampilan motorik halus siswa tunagrahita sebelum dan sedudah diberikan perlakuan (treatment). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental time series design dengan subjek penelitian 6 siswa. Data penelitian berupa hasil pretest dan posttest siswa yang masing-masing dilakukan sebanyak empat kali hal ini bertujuan untuk mengukur kestabilan kondisi siswa. Pada tahap uji analisis data penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil dari penelitian ini adalah sebelum dilakukan finger painting kemampuan motorik halus siswa masih rendah jari tangan terlihat kaku dan koordinasi tangan belum baik terbukti dari nilai pretest rata-rata kelas sebesar 45,2 termasuk kategori kurang dan setelah dilakukan finger painting kemampuan motorik halus siswa meningkat dengan bukti nilai posstest rata-rata kelas sebesar 80,6 dan masuk dalam ketegori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada siswa tunagrahita sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (treatment) finger painting pada proses pembelajaran. Finger painting sangat berpengaruh terhadap keterampilan motorik halus siswa kelas 5 tunagrahita di SDLB Kemala Bhayangkari Trenggalek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9047

Actions (login required)

View Item View Item